Beranda >

Berita > Pemkot Bogor Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Angkatan Ke-4


21 Maret 2018

Pemkot Bogor Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Angkatan Ke-4

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tahun ini kembali menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah bagi masyarakat Kota Bogor. Pelatihan kali ini dipusatkan di gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) jalan Pajajaran dan dibuka secara resmi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Rabu (21/03/2018).

Kasubag Bina Mental dan Rohani Adkesra Setdakot Bogor Andri menjelaskan, Pemkot Bogor sudah 4 tahun berturut-turut menggelar kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah. Untuk tahun 2018 atau angkatan ke-4 kegiatan diikuti 100 peserta perwakilan dari 68 Kelurahan se-Kota Bogor.

Dia menyebutkan, tujuan diselenggarakannya pelatihan ini pertama untuk memantapkan masalah syariat pemulasaraan jenazah. Kedua, peningkatan dari kualitas para peserta pemulasaraan jenazah dan ketiga adalah regenerasi amil jenazah kepada generasi muda.

“Peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mengajak generasi muda yang lain untuk berperan serta bagaimana cara pemulasaraan jenazah yang baik dan benar,” katanya.

Ia berharap peserta yang mengikuti pelatihan ini ketika mereka menjadi pengurus amil jenazah mereka memiliki ilmu yang sesuai syariat agama. “Memandikan jenazah itu tidak sembarangan. Amil jenazah harus memahami tentang ilmu pengurusan jenazah sehingga ketika jenazah dimakamkan harus betul-betul sudah sempurna,” ujarnya.

Andri menyebutkan yang menjadi narasumber pelatihan ini, diantaranya Ade Sarmili dan Dede Supriatna dari Kantor Kementerian Agama Kota Bogor serta KH. Muhammad Taufiq Hudori ketua Fatwa MUI Kota Bogor.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Adkesra) Setdakot Bogor Iman, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor Ansurullah dan perwakilan dari MUI Kota Bogor. (Tria/Lani-SZ)