Beranda >

Berita > Melestarikan Kebudayaan Melalui Workshop Kaulinan Urang Lembur


21 Maret 2018

Melestarikan Kebudayaan Melalui Workshop Kaulinan Urang Lembur

Workshop Kaulinan Urang Lembur 2018 yang diadakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor mendapatkan apresiasi dari Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman. Sebab, melalui kegiatan tersebut sebagai upaya melestarikan kebudayaan Sunda terutama jenis-jenis kaulinan urang lembur

"Apalagi kondisi saat ini yang semakin tergerus oleh beragam permainan modern. Tentunya ini juga diperlukan sinergitas antara Disparbud, Disdik, dan Dinas Kominfostandinuntuk bisa memodernisasikan kaulinan urang lembur ini," kata Usmar usai membuka Workshop Kaulinan Urang Lembur 2018 di Graha Pool, Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (21/03/2018).

Sangat memungkinkan, kata Usmar, kaulinan urang lembur ini dikemas lebih menarik dengan kondisi kekinian supaya bisa lebih diterima lebih baik oleh anak-anak. Bahkan, permainan tradisional itu dapat dikemas ke dalam sebuah aplikasi game dengan tampilan animasi yang lebih menarik dengan tidak meninggalkan identitas aslinya.

"Banyak sekali ahli-ahli animasi yang bisa kita berdayakan. Bila itu berhasil maka akan lebih mudah lagi untuk melakukan sosialisasinya kepada anak-anak," pungkasnya.

Workshop yang akan berlangsung selama dua hari itu diikuti puluhan peserta yang merupakan guru-guru dari sejumlah SD dan SMP se-Kota Bogor. (Donni/Foto:Indra-SZ)