Beranda >

Berita > Hari Pertama, UNBK SMP di Kota Bogor Alami Gangguan Server


23 April 2018

Hari Pertama, UNBK SMP di Kota Bogor Alami Gangguan Server

Di Kota Bogor dan beberapa Kota lainnya di Jawa Barat hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP, Senin, (23/04/2018) mengalami kendala, dimana para peserta ujian pukul 07.15 WIB telah bersiap di depan komputernya masing-masing untuk mengikuti pelaksanaan ujian sesi 1 yang akan dimulai tepat pukul 07.30 WIB, namun hingga pukul 09.30 WIB ujian terkendala gangguan server yang menyebabkan pergeseran jam ujian hingga 2 jam.

Melihat kondisi tersebut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin yang saat itu sedang memantau langsung pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah menginstruksikan seluruh sekolah yang melaksanakan UNBK SMP di Kota Bogor untuk menenangkan para siswanya dan mengisi kekosongan waktu tersebut dengan tanya jawab, membaca buku kembali dan kuis sebagaimana yang dilakukan Kadisdik saat memantau UNBK SMPN 10 Kota Bogor di lab Komputer SMAN 3 Kota Bogor dengan mengajukan beberapa pertanyaan maupun kuis seputar hari bumi dan lingkungan hidup, bahkan beberapa siswa mampu menjawab kuis dan langsung diberikan hadiah oleh Kadisdik.

Fahrudin mengatakan hal tersebut dilakukan guna menenangkan siswa dan terus memberikan motivasi sambil menunggu token dapat terhubung ke server, karena bukan hanya di Kota Bogor tetapi dibeberapa kota di Jawa Barat mengalami kendala yang sama.

Bahkan sampai pukul 09.00 WIB saat Kadisdik telah berada di SMPN 1 Kota Bogor server belum juga terkoneksi dan akhirnya pukul 09.25 WIB token sudah bisa koneksi dengan server, maka ujian UNBK sesi 1 baru dapat dimulai pada pukul 09.30 WIB.

Atas kejadian tersebut Kadisdik menginstruksikan seluruh penyelenggara UNBK SMP di Kota Bogor agar dapat memperhatikan makan siang para peserta ujian dan menyediakan tempat istirahat yang representatif di sekolah, karena kejadian tersebut menyebabkan pergeseran waktu ujian hingga 1,5 jam, yang semestinya peserta ujian sesi 1 berakhir pada pukul 15.00 WIB mengalami pergeseran waktu hingga pukul 16.30 WIB.

Kadisdik berharap agar kejadian seperti hari ini tidak terulang lagi tiga hari kedepan yang mana pelaksanaan UNBK dilaksanakan mulai tanggal 23-26 April 2018. (Humas :vanz.Disdik-SZ)