Beranda >

Berita > Rakorwil TP2DD dan TPID se-Jawa Barat, Pemkot Bogor Sabet Tiga Kategori Penghargaan


28 Juli 2021

Rakorwil TP2DD dan TPID se-Jawa Barat, Pemkot Bogor Sabet Tiga Kategori Penghargaan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyabet tiga kategori penghargaan sekaligus yang diumumkan saat Rapat Koordinasi Wilayah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Jawa Barat yang digelar secara virtual, Selasa (27/7/2021).

Tiga penghargaan yang diberikan adalah Terbaik I Kategori Pemda Terbaik Dalam Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah, Terbaik III Kategori Pemda Terbaik Digitalisasi Ekonomi Daerah dan Terbaik IV Untuk Kota IHK (Indeks Harga Konsumen) Dalam Pengendalian Inflasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menuturkan, pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19 di Indonesia, termasuk Kota Bogor dengan pemberlakuan kebijakan pembatasan aktivitas ekonomi masyarakat melalui PPKM saat ini, merupakan tantangan tersendiri bagi Pemkot Bogor untuk dapat menyeimbangkan dua sektor yang saling berkaitan.

Yakni, sektor kesehatan dengan menekan laju penyebaran Covid-19 dan sektor ekonomi dengan menahan laju perlambatan pergerakan ekonomi masyarakat.

Syarifah melanjutkan, salah satu strategi adaptif dan responsif yang dilakukan Kota Bogor dalam pemulihan ekonomi adalah dengan mempercepat proses transformasi digitalisasi ekonomi daerah, termasuk proses transaksi keuangan dan pengendalian inflasi daerah melalui digitalisasi pasokan dan distribusi pangan ke masyarakat.

Proses digitalisasi ini kata Sekda, sangat dirasakan manfaatnya terasa lebih efektif dan efisien apalagi di masa pandemi saat ini. Walaupun proses tatap muka dikurangi, namun aktivitas ekonomi dan keuangan tetap dapat dilaksanakan.

"Alhamdulillah, upaya Kota Bogor dalam mempercepat digitalisasi ekonomi dan pengendalian inflasi daerah memperoleh apresiasi dari BI (Bank Indonesia) dan Provinsi Jawa Barat, sehingga meraih 3 penghargaan sekaligus," katanya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, bahu membahu dalam mewujudkan semua ini," ujar Syarifah.

Apresiasi juga disampaikannya kepada Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Herawanto dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atas terselenggaranya Rakorwil TP2DD dan TPID se-Jawa Barat yang membangkitkan semangat untuk mengoptimalkan ekonomi keuangan digital dan pengendalian inflasi daerah dalam mempercepat pemulihan ekonomi di Kota Bogor.( Prokompim )