Beranda >

Berita > Tuan Rumah Kongres ke-V JKPI, Bima Arya Sebut Sejarah, Kebanggaan dan Kehormatan


02 Desember 2021

Tuan Rumah Kongres ke-V JKPI, Bima Arya Sebut Sejarah, Kebanggaan dan Kehormatan

Pembukaan pameran UMKM dan Welcoming Dinner yang merupakan rangkaian acara Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Tahun 2021 secara resmi dibuka Wali Kota Bogor, Bima Arya di Bogor Creative Centre (BCC), Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Kamis (2/12/2021) malam.

Turut hadir Ketua Presidium JKPI Tahun 2021, Alfedri, Direktur Eksekutif JKPI pusat, Asfarinal Nanang didampingi Dewan Pakar, Gaura Mancacarita dan Taufik Rahzen.

Kemudian, Danrem 061 Suryakencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, perwakilan DPRD Kota Bogor dan 27 kepala daerah atau yang mewakili.

Wali Kota Bogor, Bima Arya di hadapan tamu undangan menyebutkan, pelaksanaan Kongres ke-V JKPI merupakan sejarah, kebanggaan dan kehormatan luar biasa bagi Kota Bogor.

"Mohon maaf jika ada penyambutan yang kurang berkenan dan Insya Allah besok kongres. Sesuai informasi yang disampaikan panitia para peserta akan mengenakan pakaian kebesaran adat daerah masing-masing," kata Bima Arya saat menyampaikan ucapan selamat datang.

Bagi para kepala daerah maupun perwakilan peserta kongres Bima Arya meminta untuk tidak sungkan menyampaikan segala keperluan para kepala daerah maupun perwakilan anggota JKPI kepada para Liaison Officer (LO) yang telah dipersiapkan dan di training sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Presidium JKPI Tahun 2021 yang merupakan Bupati Siak, Alfedri mengatakan, suatu kebahagiaan tersendiri bagi seluruh anggota JKPI dalam menjaga kemajuan kebudayaan kota pusaka di Indonesia."Atas nama anggota dan pengurus kami mengucapkan terima kasih atas persiapan yang dilakukan cukup luar biasa," ujarnya.

Selain pameran produk unggulan UMKM dari masing-masing daerah, juga ditampilkan pagelaran budaya sebagai promosi budaya daerah masing-masing yang merupakan bagian dari budaya nasional bangsa.

"Budaya daerah kita yang luar biasa kaya yang memberikan inspirasi bagi industri ekonomi kreatif dan dengan kemajuannya akan memajukan ekonomi masing-masing daerah," sebutnya.

Menurutnya, jika dilihat dari konteks kebudayaan dan kearifan lokal yang melahirkan ide-ide kreatif diharapkan bisa memajukan tidak hanya ekonomi, tetapi juga dilihat dari sisi budaya, sehingga nantinya kemajuan ekonomi kreatif sejalan kemajuan budaya dan perkembangannya.

"Kota pusaka menjadi wujud kita dalam memajukan masing-masing budaya, saling menguatkan, saling berkolaborasi, saling memajukan dan saling membesarkan. Dengan pameran ini, mudah-mudahan ke depan membawa kita bangkit kembali dari sisi ekonomi dengan perbaikan-perbaikan ekonomi," harap Alfedri

Alfedri menyebutkan, dari 50 anggota JKPI, Kongres ke-V JKPI di Kota Bogor akan dihadiri 38 perwakilan daerah. Sementara, untuk Rapat Kerja Nasional (Rakernas) JKPI akan dilaksanakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Usai sambutan, Bima Arya bersama Alfedri dan Asfarinal Nanang serta para kepala daerah yang hadir meninjau stand-stand pameran produk unggulan UMKM daerah peserta JKPI.

Seperti dari Kabupaten Muna, Kabupaten Siak, Kota Palembang, Kota Malang, Kota Banjarmasin, Kota Pekalongan, Banda Aceh, Kota Langsa, Kabupaten Sumbawa
dan Kabupaten Jepara

Selain itu disuguhkan hiburan musik dan tarian budaya yang diawali dari Kota Bogor, selanjutnya Kota Belitung Timur yang menyuguhkan lagu khas daerah Belitung Timur dan daerah lainnya.( prokompim).