Beranda >

Berita > Minggu, PPDB Online Tingkat SMA Rampung


30 Juni 2014

Minggu, PPDB Online Tingkat SMA Rampung

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tingkat Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor akhirnya rampung. Minggu (29/6/2014) para orang tua dan peserta didik dapat melihat langsung pengumuman penerimaan di http://ppdb.disdikbogor.net.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fetty Qondarsyah mengatakan bahwa sistem online ini baru pertama kali diterapkan di Kota Bogor. Fetty mengakui, “Sebagaimana suatu hal yang baru pasti akan banyak kendala dan halangan. Tapi dari situ kita belajar, sehingga dapat meminimalisir kendala dan halangan untuk pelaksanaan di tahun mendatang katanya. Kalau tidak sekarang kapan lagi,” lanjut Fetty.

Penerapan PPDB Online di Kota Bogor memang masih banyak yang harus disempurnakan. Banyak kendala yang ditemui petugas di lapangan. Bermacam hambatan terjadi dalam pelaksanaannya. Mulai dari server Disdik Kota Bogor yang jebol tidak mampu menampung serbuan pendaftar, serangan hacker, juga terganggunya jaringan karena sambaran petir.

ppdb14

Pemerintah Kota Bogor pun memperpanjang pendaftaran selama tiga hari dari jadwal semula. Walikota Bogor Dr. Bima Arya ikut mengawal pelaksanaan PPDB Online. Sahur hari pertama puasa di sma 10 pun dilakoni Bima demi mengawal langsung proses PPDB online.

Pada pelaksanaan PPDB Online perdana, para operator juga harus menghadapi kenyataan padamnya aliran listik. Server yang berada di SMA 10 padam skitar 1,5 jam karena ada gangguan PLN. HIngga pukul 23.00, Bima meluncur ke SMA 10 untuk melihat mengecek kesiapan server.

ppdb12

Meski banyak rintangan, namun PPDB Online tetap diterapkan di Kota Bogor. Bima ‘ngotot’ dalam mengimplementasikan konsep PPDB secara Online. Pertama, adanya instruksi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan agar dipergunakan sistem online. Kedua untuk lebih meningkatkan lagi mutu pendidikan di Bogor. Dan ketiga menghilangkan maraknya praktek kolusi dan korupsi di tahun ajaran baru.

“Dengan sistem online, praktek titip menitip calon siswa untuk masuk sekolah tertentu akan hilang, karena semua menjadi transparan,” ujar Bima.

Dan hasil dari kerja keras dan perjuangan para pejuang di balik layar telah membuahkan hasil. Pada hari Minggu (29/6) pukul 9 pagi para orangtua murid dan calon siswa sudah dapat melihat langsung masuk tidaknya si anak di sekolah pilihannya. Semoga PPDB online ditahun yang akan datang akan lebih baik lagi.(Sisco Sirait)

Editor : Dian Intannia

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk