Beranda >

Berita > Pemkot Bogor Tingkatkan Keamanan Siber


12 September 2024

Pemkot Bogor Tingkatkan Keamanan Siber

Pemkot Bogor Tingkatkan Keamanan Siber

Dalam rangka meningkatkan keamanan siber, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memperkuat tiga pilar utama. Hal ini dilakukan dalam Sosialisasi Keamanan Siber di Lingkungan Pemkot Bogor yang digelar di Paseban SriBaduga, Balai Kota Bogor, Rabu (11/9/2024).

Tiga pilar utama tersebut yakni, manusia, proses dan teknologi. Sekretaris Diskominfo Kota Bogor, Oki Tri Fasiasta Nurmala Alam mengatakan, peningkatan keamanan siber ini dibentuk melalui inside dan awareness.

"Jadi tiga-tiganya sifatnya linier tidak bisa tertinggal satu. Secara linier semua ditingkatkan levelnya. Salah satunya penanaman inside untuk seluruh stakeholder sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan Smart City di Kota Bogor," kata Oki.

Oki melanjutkan, pada pilar manusia, kompetensi kapasitas terus ditingkatkan dan diperbaharui dalam hal keamanan informasi untuk memperkuat SDM digital sehingga bisa menguasai kode-kode sumber. Selanjutnya pilar proses, diperkuat melalui sistem informasi yang memiliki proses bisnis elektronik tertentu dalam kode sumber infrastruktur aplikasi.

"Kemudian pilar ketiga itu teknologi. Teknologi ini biasanya menjadi dasar bagaimana sistem itu dikembangkan untuk mengembangkan teknologi. Teknologi komputasi yang lebih tinggi, maka virusnya akan lebih tinggi. Makin naik teknik komputasinya, maka serangan keamanannya akan semakin canggih dan cerdas, jadi tiga pilar ini kita tingkatkan bersama," ujarnya.

Dalam upaya menjaga keamanan siber Diskominfo Kota Bogor telah menerapkan regulasi standarisasi aplikasi oleh tim standarisasi melalui proses asesmen yang ketat terhadap aplikasi yang akan dibangun.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bogor, Rakhmawati menyampaikan, kegiatan yang diadakan oleh Diskominfo Kota Bogor ini sangat luar biasa. Ia berharap bisa dimanfaatkan oleh seluruh perangkat daerah di Kota Bogor.

"Jadi acara ini tentang pengamanan siber dimana kita Pemerintah Kota Bogor sebagian besar sudah menggunakan aplikasi dengan data terpusat. Jadi keamanan data yang dimiliki Pemda itu perlu ada security-nya sehingga dengan acara yang diadakan oleh Kominfo kita berharap bisa dimanfaatkan oleh teman-teman di perangkat darah," ujarnya.

Sebagai informasi, materi yang dipaparkan, yakni pentingnya melindungi data pribadi yang disampaikan oleh Sekretaris Diskominfo Kota Bogor, Oki Tri Fasiasta Nurmala Alam, Demo dan Solusi oleh PT Kaspersky, materi keamanan siber oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan simulasi praktis keamanan siber oleh PT Cipta Pratama Solusindo.

Turut hadir, seluruh perangkat daerah di Kota Bogor, pihak swasta yang bergerak dibidang teknologi informasi, akademisi, serta unsur masyarakat lainnya.