Beranda >

Berita > Membludak, Ini Evaluasi Pelaksanaan Istura 2018 dari Disparbud


12 September 2018

Membludak, Ini Evaluasi Pelaksanaan Istura 2018 dari Disparbud

Pelaksanaan kegiatan Istana Untuk Rakyat (Istura) 2018 mendapatkan respon positif dari masyarakat. Tidak hanya datang dari warga Bogor, pengunjung terlihat merupakan warga dari luar kota bahkan wisatawan mancanegara. Di hari ketiga pelaksanaan Istura, tercatat sudah 34.500 orang yang memasuki Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (12/9/2018).

Walikota Bogor Bima Arya usai mengikuti kegiatan Istura bersama warga mengungkapkan agar ke depan pelaksanaan secara teknis bisa memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi mengatakan pihaknya akan mengevaluasi kegiatan Istura tahun ini demi kenyamanan peserta di pelaksanaan tahun berikutnya.

“Untuk pengaturan secara teknis ada batasan-batasan dari pihak Istana. Selain itu jumlah peserta Istura 2018 yang membludak di luar perkiraan kita. Hal tersebut tidak sebanding dengan jumlah petugas yang ada atau sangat terbatas,” kata Shahlan di Balaikota Bogor, Rabu (12/9/2018).

Ke depannya, Disparbud dengan pihak lainnya akan berupaya memberikan kenyamanan pengunjung akan menambah sarana seperti tenda agar peserta nyaman saat mengantre. “Termasuk menambah petugas,” katanya.

Untuk peserta Istura 2018, Disparbud Kota Bogor menargetkan sebanyak 25 ribu namun kenyataan dilapangan hingga hari ketiga jumlahnya sudah mencapai 34 ribu lebih. Bahkan menurut Syahlan tidak menutup kemungkinan bisa mencapai 60 ribu peserta, hal ini disebabkan adanya warga dari berbagai daerah yang mendaftar secara langsung,” terang Shahlan.

Peserta Istura dari tahun ketahun, lanjut Shahlan, naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Pada awal pelaksanaan Istura tahun 2014 ada 46 ribu pengunjung namun pada 2015 turun menjadi 15 ribu pengunjung sementara tiket yang dibuat berjumlah 30 ribu lembar. Pada tahun 2016 naik menjadi 18 ribu dan 2017 meningkat lagi menjadi 22 ribu. (Humpro : rabas/adt/indra/pri)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk