Beranda >

Berita > Tingkatkan Produktivitas, Solusi Menperin Bagi TPT Majalaya


18 September 2018

Tingkatkan Produktivitas, Solusi Menperin Bagi TPT Majalaya

KAB. BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mendampingi Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto dalam pelaksanaan kunjungan kerja ke UPT Tekstil Majalaya, Jl. Kondang No. 41 Majalaya Kab. Bandung, Selasa (18/09/18). Dalam kunjungan kerja ini diadakan dialog bersama para pelaku usaha UMKM Komunitas Pangsa Pasar Tekstil dan Produksi Tekstil (TPT) Majalaya.

Iwa menuturkan bahwa industri tekstil masih memiliki potensi yang sangat besar untuk tumbuh dan berkembang pada masa depan. Oleh karena itu, berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) pada 2015-2035, sektor ini diprioritaskan dalam pengembangannya agar mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi nasional.

“Pada kesempatan kali ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mendorong dan memajukan industri tekstil dan produk tekstil dalam menerapkan produksi bersih di industrinya. Sehingga meningkatkan daya saing produknya di pasar lokal maupun luar negeri, tentu dengan meningkatkan efektifitas produksi walaupun harga bahan baku yang juga tinggi” kata Iwa.

Sedangkan Ketua Umum TPT Majalaya Aep Hendar mengeluhkan banyaknya pelaku industri di Majalaya dan sekitarnya dengan menurunnya Potensi UMKM, seperti mahalnya bahan baku benang tenun, suku cadang, dan biaya produksi yang berimbas pada harga jual produk. Hal tersebut juga dipengaruhi dengan turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. “Kenaikan harga tersebut tentu tidak seiring dengan kenaikan harga jual hasil produk. Disisi lain sangat sulit untuk menyesuaikan dengan bahan baku. Mengingat bahan baku merupakan komponen terbesar hingga 40% dari HPP,” kata Aep.

“Beberapa anggota kami telah mengurangi kapasitas produksinya, ada yang telah mengurangi kapasitas produksi, ada yang sudah berhenti sementara menunggu harga stabil, dan sementara sebagian karyawan juga kami rumahkan,” tambahnya.

Menjawab permasalahan itu, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto menghimbau agar TPT Majalaya khususnya mampu meningkatkan produktivitas, “Dengan adanya pelemahan rupiah, maka semua bahan baku yang berbasis import sudah pasti naik. Tentunya salah satu cara untuk memitigasi kenaikan itu dibebankan ke konsumen atau dengan meningkatkan produktivitas,” jelasnya.

“Kalau harga ini kan tergantung harga internasional, jadi pada saat kenaikan maka harga domestik juga sudah pasti naik. Salah satunya kapas kan kita import dan kalau poliester sebagian dari dalam negeri, rayon bisa menjadi alternatif yang akan diproduksi oleh nasional. Tentunya switching dari material kapas, poliester dan rayon dikombinasikan untuk memitigasi perubahan cost,” ujarnya.

Provinsi Jawa Barat mempunyai peranan penting dalam perekonomian national. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Barat memberikan kontribusi tertinggi ketiga sebesar 14.88%, setelah DKI Jakarta dan Jawa Timur pada Produk Domesti Bruto (PDB) Nasional.

Perkembangan pangsa pasar ekspor Jawa Barat pada akhir 2017 disumbangkan oleh subkelompok tekstil dan produk tekstil (19,8%), diikuti oleh kendaraan bermotor (17,5%), elektronik (17,4%), dan kimia (7,0%). Namun demikian, panga pasar ekspor TPT terus mengalami penurunan, dimana angka tertinggi ekspor TPT dicapai pada tahun 2000 sebesar 25,44 persen.( humas dan protokol Setda Jabar )