Beranda >

Berita > Pernah Warnai Kota Bogor, Sejarah Hidup Raden Saleh Dibukukan


06 November 2018

Pernah Warnai Kota Bogor, Sejarah Hidup Raden Saleh Dibukukan

Mungkin warga Kota Bogor belum banyak yang mengenal sosok Raden Saleh. Ya, maestro pelukis Indonesia yang namanya lebih terkenal di Eropa itu pernah mewarnai sejarah Kota Bogor. Nama Raden Saleh yang tinggal dan wafat di kota hujan ini pun tetap harum. Banyak gelar kehormatan yang tersemat pada dirinya.

Kisah hidupnya serta kiprahnya sebagai pelukis tingkat dunia ini menarik budayawan dan sastrawan Kota Bogor membuat buku yang mengulik kehidupan Raden Saleh. Tak lama lagi buku tersebut akan segera diluncurkan penerbit populer Gramedia pada Selasa (13/11/2018) mendatang.

Buku yang tentu saja tidak hanya menceritakan kepiawaian Raden Saleh melukis, lebih dari itu akan mengulik sosok Raden Saleh yang mempunyai minat dan paham pada pendidikan, tumbuh-tumbuhan dan hewan.

"Sejarah hidup Raden Saleh ini sangat memberikan warna bagi Kota Bogor. Beliau bukan saja maestro tapi juga sangat paham tentang ilmu pengetahuan," ujar Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, usai menerima kunjungan dari penerbit dan penulis buku Raden Saleh, di Paseban Surawisesa, Selasa (6/11/2018).

Ade menuturkan, sebelum peluncuran buku, akan lebih dulu dilakukan napak tilas yang dimulai dari Makam Raden Saleh di Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan dan berakhir di Museum Sejarah Alam dan Manusia, Jalan Juanda pada Sabtu (10/6/2018) mendatang.

Setelah itu, akan dilangsungkan seminar peluncuran buku yang mengundang peserta guru sejarah se-Kota Bogor. Sehingga kisah Raden Saleh bisa semakin tersebar ke peserta didik dan masyarakat. "Kami juga ingin buku Raden Saleh ada di semua perpustakaan di sekolah dan menjadi muatan lokal," jelasnya.

Ade menambahkan, peluncuran buku Raden Saleh di Kota Bogor tidak saja membuat Kota Bogor berbangga tetapi juga turut menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Bogor lewat kunjungan dari wisatawan luar datang ke Bogor.

"Kami sangat mendukung sekali karena tujuan Pemerintah Kota Bogor menarik banyak wisatawan untuk datang ke Kota Bogor," pungkasnya. (Humpro:fla/ismet/pri)