Beranda >

Berita > Komunitas Solidaritas Bogor Berhasil Kumpulkan Dana Rp 611 Juta Untuk Korban Bencana


11 Desember 2018

Komunitas Solidaritas Bogor Berhasil Kumpulkan Dana Rp 611 Juta Untuk Korban Bencana

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menerima secara langsung hasil donasi yang dikumpulkan Komunitas Solidaritas Bogor untuk korban bencana angin puting beliung yang terjadi di Kota Bogor belum lama ini.

Dari hasil penggalangan dana tersebut terkumpul kurang lebih sebesar Rp 611 juta dalam waktu semalam atau tepatnya 18 jam.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggalangan Dana dari Komunitas Solidaritas Bogor, Dedie A Rachim menyerahkan hasil penggalangan dana untuk para korban yang terdampak bencana kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, dalam hal ini diwakili Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat dengan tujuan bantuan tersalurkan tepat sasaran.

Mewakili Pemkot Bogor, Sekda sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Komunitas Solidaritas Bogor tersebut.

"Mudah - mudahan apa yang telah dilakukan seluruh stakeholder untuk membantu para warga yang terkena dampak bencana bisa digantikan rezekinya, bermanfaat dan meringankan bebannya," ungkap Ade di Botani Square, Selasa (11/12/2018) petang.

Untuk pendistribusian seluruh donasi yang sudah terkumpul, Ade meminta agar terpusat dan tepat sasaran.

"Pemkot Bogor telah membentuk sebuah tim untuk melakukan pemetaan dan mendistribusikan seluruh bantuan - bantuan tersebut kepada warga yang terkena dampak," kata Ade.

Di lokasi yang sama, Dedie A Rachim mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah hadir dan turut berpartisipasi membantu meringankan beban korban bencana puting beliung tersebut.

Dedie mengaku tak banyak persiapan dalam acara penggalangan dana itu. Bahkan, persiapan penggalangan dana ini bisa terlaksana hanya dalam waktu semalam atau sekitar 18 jam.

"Sampai sekarang, penggalangan dana ini sudah terkumpul hampir sekitar Rp 600 juta lebih, baik tunai maupun komitmen," ucapnya.

Menurut Wakil Wali Kota Bogor terpilih periode 2019-2024 ini, ia mengaku ditunjuk sebagai Ketua Tim Penggalangan Dana oleh Komunitas Solidaritas Bogor.

"Mudah - mudahan bantuan ini bisa membantu dan meringankan beban saudara - saudara kita khususnya di wilayah Bogor Selatan yang terkena dampak bencana angin puting beliung," katanya.

Dedie menambahkan, penggalangan dana ini akan berlangsung sampai satu minggu kedepan. "Bagi yang ingin berdonasi bisa melalui rekening Bantuan Bencana Bogor Bank BJB dengan nomor rekening 0091-7106-8410-0 atas nama Solidaritas Bogor," jelasnya.

Dalam acara tersebut turut hadir dan berdonasi yakni Kepala Istana Kepresidenan Bogor sekaligus mewakili Presiden RI Joko Widodo, Erwin Wicaksono, Asisten Pemkot Bogor, Hanafi, Para Kepala Dinas, PKK, para donatur dan lainnya.

Informasi terakhir tercatat ada sebanyak 1.821 rumah rusak yang terdampak akibat bencana puting beliung yang terjadi di Kota Bogor. (Humpro :Alif/Indra/Arfan-SZ)