Beranda >

Berita > Kelurahan Cibadak “Borong” Tiga Juara di Lomba Bogorku Bersih 2018


11 Desember 2018

Kelurahan Cibadak “Borong” Tiga Juara di Lomba Bogorku Bersih 2018

Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal kembali menorehkan prestasinya di ajang Lomba Bogorku Bersih 2018. Tidak tanggung-tanggung Kelurahan ini berhasil menyabet juara di tiga kategori, yakni Juara I untuk kategori Permukiman Swadaya, Juara I kategori Pengelolaan 3R dan Juara II Kategori kantor Kelurahan.

Lurah Cibadak Uay Sutiawan menuturkan, pada Lomba Bogorku Bersih tahun 2018, Kelurahan Cibadak mengikutsertakan lima RT. Dari lima RT dua diantaranya masuk 30 besar dan setelah dilakukan seleksi RT 03 RW 01 berhasil keluar sebagai Juara I untuk kategori Permukiman Swadaya. Bahkan sebelum dinyatakan sebagai juara RT 03 RW 01 terlebih dahulu dikunjungi Wali Kota Bogor, Bima Arya.

“Semoga memberikan dampak positif dan menambah semangat warga untuk kedepannya,” ujar Uay.

Pada ajang lomba kebersihan ini selain mengikutsertakan lima RT, Kelurahan Cibadak juga mengikutsertakan kantor Kelurahan dan pengolahan 3R serta Kembang Setaman. “Alhamdulillah dari beberapa kategori yang diikutsertakan tiga diantaranya menjadi juara,” sebut Uay.

Terkait prestasi ini Uay menyebutkan ada beberapa kiat yang dilakukan. Pertama, pendekatan baik secara individu kepada warga maupun kepada pengurus RT/RW. Kedua, mendorong partisipasi warga dengan turun langsung kelapangan. “Jadi tidak hanya sekedar mengimbau dan memerintah tetapi terjun langsung berbaur bersama warga,” katanya.

Uay menambahkan, keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari semangat RT/RW-nya dan juga kebersamaan warganya. Sehingga apa yang diharapkan bisa terealisasi dan membuahkan prestasi yang membanggakan. Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah merubah wilayah RT 03 RW 01 yang awalnya kumuh menjadi wilayah yang bersih. Kemudian timbul rasa memiliki dari masing-masing individu dan memanfaatkan lahan pekarangannya.

“Jika dulu halamannya gersang sekarang hampir setiap rumah memiliki tanaman, mulai dari toga, bunga dan tanaman lainnya,” kata Uay.

Atas prestasi ini selanjutnya Uay menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan Bogorku Bersih bisa memberikan semangat kepada kita semua untuk meningkatkan kebersihan khususnya untuk Kelurahan Cibadak dan umumnya untuk Kota Bogor, sehingga Kota Bogor bisa meraih Piala Adipura,” harapnya. (Humpro :Tria-SZ)