Beranda >

Berita > Lapangan Sempur Kembali Bersih Tanpa Rusak Pasca Doa Bersama, Bima Arya Puji Santri


02 Januari 2019

Lapangan Sempur Kembali Bersih Tanpa Rusak Pasca Doa Bersama, Bima Arya Puji Santri

Ribuan warga Bogor berkumpul di Lapangan Sempur, Senin (31/12/2018) malam. Mereka menghadiri kegiatan doa bersama bertajuk ‘Untuk Kota Bogor Tercinta, Untuk Indonesia Kita’ yang digelar Pemerintah Kota Bogor di malam pergantian tahun.

Suasana doa bersama berlangsung khidmat karena diisi beragam aktivitas, mulai dari sima'an khotmil Al-Quran 30 juz dan ratib haddad, haflah tilawah Al-Quran, marhaban, hadroh, hingga tausiyah dari tokoh agama, seperti dari KH Mustofa Bin Nuh (Ketua MUI Kota Bogor), Mama Ajengan Yasir (Bakom), Habib Hasan Bin Abdul Qadir Al Attas (Empang), Habib Noval Bin Kamal Alaydrus (Semplak) dan Habib Hasan Shahab (Pancasan).

Acara yang dimulai sejak jam 20.00 WIB, Senin malam, itu merupakan bentuk simpati dan dukungan bagi korban bencana, baik di Kota Bogor maupun di Indonesia. Puncaknya, warga Bogor melakukan doa bersama tepat di saat pergantian tahun dari 2018 ke 2019 yang dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor KH Mustofa Bin Nuh. Kegiatan pun usai pada jam 00.15 WIB, Selasa dinihari.

Ramainya warga yang datang di luar ekspektasi penyelenggara. Lapangan Sempur tampak dipadati ribuan warga. Otomatis, selain kepadatan tempat parkir, juga volume sampah juga meningkat. Namun, dalam hitungan menit, sampah yang terlihat di lokasi acara langsung bersih tak tersisa.

Selain petugas, tampak para santri dari berbagai pondok pesantren di Bogor ikut terjun langsung membantu memungut sampah untuk kemudian dikumpulkan di satu titik.

“Annadhofatu minal iman, kebersihan itu sebagian dari iman. Jadi, kita spontan saja bantu petugas membersihkan sampah. Karena niat kita di awal itu doa bersama. Datang dalam keadaan bersih, pulang juga harus bersih lagi,” ungkap Fikri Khaerudin (18), santri dari Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda Pasir Muncang, Kabupaten Bogor.

Ia mengaku menghadiri doa bersama di lapangan Sempur karena mendapatkan informasi di group-group WhatsApp. “Indonesia sedang berduka juga. Ya saling mendoakan. Teman-teman juga banyak yang ikut, jadi saya ikut. Sekalian suasana baru doa bersama di Lapangan Sempur,” terangnya.

Walikota Bogor Bima Arya yang melihat dari kejauhan aksi para santri itu langsung turun dari panggung untuk mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada mereka yang tanpa dikomando langsung ikut membersihkan lokasi kegiatan.

“Saya berterimakasih kepada santri sudah mau punguti sampah membantu petugas. Dalam hitungan menit, Lapangan Sempur kembali bersih. Ini sangat luar biasa dan hal yang sangat inspiratif,” ungkap Bima Arya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertamanan Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bogor, Agus Gunawan menyatakan, usai Lapangan sempur dipakai kegiatan doa bersama tidak terjadi kerusakan, baik untuk kondisi rumput lapangan utama, jogging track maupun fasilitas pendukung lainnya.

“Alhamdulillah Lapangan Sempur kondisinya masih bagus. Warga tertib. Rumput tidak rusak. Dan yang lebih bangga adalah sampah-sampah tidak berserakan. Tadi dikumpulkan ada lebih dari 300 kg sampah, kemudian sampah tersebut diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup,” pungkasnya. (Humpro: alf/tria/adt/indra/arvan/pri)