Beranda >

Berita > Kota Bogor Mengundang Indonesia Dalam Aksi Budaya Pesta Rakyat CGM 2019


15 Januari 2019

Kota Bogor Mengundang Indonesia Dalam Aksi Budaya Pesta Rakyat CGM 2019

Pesta Rakyat CGM merupakan aksi budaya dari Kota Bogor untuk Indonesia yang dicanangkan sebagai upaya pemeliharaan nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Secara konsisten, tagline yang diusungnya adalah “Ajang Budaya Pemersatu Bangsa”.

Tahun ini, event Pesta Rakyat CGM yang selalu dihadiri sekurangnya 100 ribu pengunjung, akan mengemas tema aksi budaya, baik itu pagelaran seni maupun karnaval dengan sebutan “Katumbiri Lighting Festival” atau “Katumbiri Lighting Fest” yang akan berlangsung pada 19 Februari 2019 di sepanjang Jalan Suryakencana, Bogor.

Katumbiri yang dalam bahasa Sunda berarti pelangi memberikan gambaran keberagaman warna-warni yang menyatu dalam satu garis melingkar sehingga menciptakan keindahan. Bentukan pelangi yang merupakan pantulan dari cahaya matahari menguatkan tema keterkaitan antara “Lighting” atau cahaya dengan pelangi.

Bentukan itu biasanya terjadi karena hujan yang juga dihubungkan dengan Kota Bogor sebagai Kota Hujan. Ini menggambarkan bahwa Kota Bogor mampu memberikan keindahan dalam perbedaan dan keberagaman yang menyatu dan bersama dalam kemasan budaya.

Sanggar seni, komunitas, organisasi, masyarakat atau lembaga berkesempatan mengikuti festival tersebut. Namun demikian, demi menjaga kualitas dan mempertahankan daya tarik aksi budaya tahunan ini, peserta dapat mengikuti syarat dan ketentuan secara umum.

Jika dinyatakan lolos dalam proses kurasi, peserta akan mendapat undangan resmi dari Panitia Penyelenggara Pesta Rakyat CGM 2019.

Berikut Syarat dan Ketentuan “Katumbiri Lighting Fest – Pesta Rakyat CGM 2019”:

1. Karnaval terbuka tetapi juga bersifat terbatas dengan peserta/pendukung acara terdiri dari :
a. Pelajar (SMA/SMK/Sederajat),
b. Mahasiswa/i (Universitas/Sederajat) dan Umum
c. Sanggar/Komunitas/Organisasi)

Peserta merupakan kelompok yang beranggotakan minimal 30 orang.

2. Masing-masing tim wajib menunjuk 1 (satu) orang koordinator. Koodinator tim bertanggung jawab untuk mewakili timnya :
a. Pendaftaran
b. Technical Meeting
c. Daftar Ulang dan Kontrak Kesepakatan
d. Pengaturan Kelompok di hari acara

3. Koordinator tim wajib menginformasikan seluruh informasi terkait penyelenggaraan Katumbiri Lighting Fest kepada peserta di kelompoknya, termasuk melakukan publikasi dalam jejaringnya dan mengembangkan nilai positif yang terkandung dalam penyelenggaraan aksi budaya ini.

4. Konsep kreatif utamanya adalah karnaval budaya dengan sebuah tampilan secara keseluruhan yang selaras membawakan perpaduan konsep antara busana/kostum, properti dan koreografi (bila ada) dengan menampilkan unsur kekayaan budaya Indonesia.

5. Keseluruhan konsep kreatif itu harus menggunakan unsur lighting/cahaya dari energi yang tidak berbahaya, mudah diatur/dikendalikan, menarik, artistik dan mempertimbangkan berbagai jenis resiko seperti cuaca, penonton dan lingkungan sekitar.

6. Konsep kreatif tidak boleh mengandung unsur SARA, pornoaksi dan politik.

7. Konsep kreatif harus original dan bukan merupakan plagiat/duplikasi dari konsep yang sudah pernah ada.

8. Pelatih/Pembina/Simpatisan dilarang ikut berjalan bersama peserta dalam barisan
Peserta dilarang membawa benda-benda/props yang membahayakan diri sendiri/orang lain seperti senjata tajam, senjata api, obat-obatan terlarang maupun binatang.

9. Calon peserta juga dapat membawa kendaraan hias jenis mobil dan sejenisnya. Kendaraan hias wajib berukuran maksimal (Panjang 3,5 M x Lebar 3 M dan Tinggi : 3 M).

10. Pendaftaran dapat dilakukan via email: katumbirifest2019@gmail.com selambatnya 27 Januari 2019 dengan melengkapi:
a. Profil Calon Pendukung Acara (termasuk alamat, kontak, email, medsos, dll)
b. Data Peserta Kelompok Pendukung Acara
c. Konsep Kreatif dan Foto/Sketsa/Gambaran Properti, Artistik, dll
d. Data Teknis lainnya yang perlu diketahui.

11. Semua informasi dan komunikasi saat ini dilakukan melalui email, termasuk permohonan penjelasan dan detail acara lainnya. Kontak langsung kepada Calon Peserta akan dilakukan oleh Bagian Acara Panitia Penyelenggara Katumbiri Lighting Fest – Pesta Rakyat CGM 2019 sebagai bagian dari tahap penjajagan.

12. Peserta yang dipastikan lolos mengikuti aksi budaya ini akan mendapatkan undangan resmi dari Panitia Penyelenggara Katumbiri Lighting Fest – Pesta Rakyat CGM 2019, beserta keterangan dan dokumen lain terkait penyelenggaraan acara.

Sebagai penegasan, panitia memohon agar dalam festival ini mengedepankan persatuan, kesatuan, menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia, memperlihatkan kebesaran dan kehebatan budaya kita, tidak menyuarakan golongan dan kepentingan tertentu dan senantiasa mengutamakan perdamaian sebagai bagian dari NKRI.( Humas )