Beranda >

Berita > Buka Diklat Penguatan Kepala Sekolah, Sekda Sebut Pendidikan Sebagai Ibu Kandung Semua Ilmu


08 Maret 2019

Buka Diklat Penguatan Kepala Sekolah, Sekda Sebut Pendidikan Sebagai Ibu Kandung Semua Ilmu

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat resmi membuka acara Diklat Penguatan Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, dan SMK angkatan ke-III yang diselenggarakan oleh Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bogor bersama Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Hotel Rizen Premiere, Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (6/3/2019).

Di hadapan puluhan Kepala Sekolah se-Kota Bogor, Ade Sarip mengatakan bahwa guru merupakan unsur yang paling penting dalam proses pendidikan. “Guru menjadi faktor penentu terhadap perkembangan para pelajar. Karena semua sumber kehidupan pasti melalui ilmu pendidikan. Wajar bila ilmu pendidikan sebagai ibu kandung dari segala ilmu. Karena mau cerita bebas korupsi, ya lewat pendidikan. Mau cerita tentang kesehatan, lewat pendidikan. Mau cerita tentang kebersihan pun, lewat pendidikan," ungkap Ade Sarip.

Tanpa adanya guru, kata Ade, pendidikan hanya menjadi slogan dan pencitraan. Segala bentuk kebijakan dalam sektor pendidikan pada akhirnya akan menentukan tercapainya tujuan pendidikan.

"Guru menjadi titik sentral dan awal dari semua pembangunan pendidikan. Apapun karena sumber ibu kandung kehidupan maka idealnya seluruh aspek program di Kota Bogor bisa disinergikan dengan pendidikan," ujarnya.

Ade meyakini betul setiap pembangunan pasti lebih cepat terlaksana jika semuanya diawali dengan pendidikan. Selain itu, ilmu pendidikan bagi guru akan berdampak pada siswa dan orangtua. "Dari guru tularkan ilmu kepada siswa, dari siswa ke orangtua. Karena semua akan berdampak terhadap orangtua dan siswa baik dalam memahaminya," terang dia.

Dalam kesempatan itu, Sekda Ade Sarip turut didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fahrudin, Ketua Panitia Agus Lelana, Ketua BMPS Kota Bogor Dr (ip) Gartono, dan Perwakilan LPPKS Sudibyo. (Humpro : Alif/Hari/Pri)