Beranda >

Berita > Polresta Bogor Kota Canangkan Zona Integritas, Ini Kata Bima


20 Maret 2019

Polresta Bogor Kota Canangkan Zona Integritas, Ini Kata Bima

Polresta Bogor Kota mencanangkan program pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan tersebut digelar di Aula Mako Polresta Bogor Kota, jalan Kapten Muslihat, Rabu (20/03/2019) siang.

Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Dandim 0606 Kota Bogor, Letkol Czi Aji Sujiwo hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka menyambut baik pencanangan itu.

Dalam sambutanya, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, bagi pelayanan publik yang dinilai paling berharga adalah legitimasi atau kepercayaan dari masyarakat.

Menurut dia, jika ingin dipercaya ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh instansi Polri, TNI dan Pemerintahan. Tiga hal itu, yakni kolektif, inovasi dan konsisten.

"Kolektif, karena zona integritas tidak bisa sendiri. Prinsipnya harus bersama-sama untuk membangun integritas dan saling menguatkan. Inovasi, karena tidak mungkin membangun zona integritas tanpa membangun inovasi dan sistem yang kuat. Konsisten, karena konsisten itu harus di jaga jangan sampai kendor," papar Bima.

Bima berharap, TNI, Polri dan Pemerintahan dapat terus mempertahankan kepercayaan publik. "Mudah-mudahan dengan adanya konsep zona integritas ini kita bersama akan saling menguatkan, mengkokohkan, dan melayani publik dengan maksimal," tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser mengatakan, pencanangan program pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani merupakan bagian dari kesungguhan Polri, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang memiliki komitmen untuk mencegah terjadinya korupsi dan nepotisme.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa pemberantasan korupsi merupakan upaya pemerintah. Dalam membentuk polresta yang profesional sudah menjadi keharusan untuk dapat membimbing harapan dan aspirasi masyarakat didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayan publik," ujar dia.

Hendri pun tak menampik, jika masih ada kekurangan dalam hal pelayanan terhadap masyarakat. Namun ia optimis, akan meningkatkan kualitas pada jajarannya, khususnya di jajaran Polresta Bogor Kota.

"Memang kita akui masih banyak kekurangan, namun kami khususnya Polresta Bogor Kota harus melangkah kearah yang lebih baik. Masih ada satu, dua polisi yang tidak menunjukkan integritas sebagai pelayan publik dengan tindakan-tindakan yang tidak terpuji di depan masyarakat. Maka ini merupakan bentuk korelasi yang tepat untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan wibawa serta citra polisi," tuturnya.

Selain Wali Kota Bogor dan Dandim 0606, turut hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri Bogor Yudi Indra Gunawan, Ketua Pengadilan Negeri Bogor Ridwan dan para tamu undangan dari seluruh lapisan masyarakat. (Humpro:Alif/Adit/Arfan/Magang: Kintan/Alby/Uus-SZ)