Beranda >

Berita > Ridwan Kamil Dukung Ki Bagus Rangin jadi Pahlawan Nasional RI


21 Maret 2019

Ridwan Kamil Dukung Ki Bagus Rangin jadi Pahlawan Nasional RI

BANDUNG -- Ulang Bagus Rangin, atau Ki Bagus Rangin, tidak banyak yang mengenal sosok pejuang itu sebagai seorang pahlawan yang berjuang, sekitar tahun 1802-1818, melawan Belanda di wilayah Ciayumajakuning, hingga Sumedang, Subang, dan Karawang.

Maka itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak berbagai pihak untuk bersama memuliakan perjuangan Ki Bagus Rangin dengan menceritakan, mendokumentasikan, atau bahkan memvisualisasikan kisah patriotismenya.

"Salah satu upaya yang sedang kita perjuangkan sekarang adalah pengusulan pejuang Bagus Rangin sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia," katanya pada kegiatan Seminar Nasional Pengusulan Ulang Bagus Rangin Sebagai Pahlawan Nasional, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Kamis (21/03/19).

Emil -- panggilan Gubernur -- mengungkap, bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung upaya tersebut. Ia juga akan sangat senang bila ada dokumen-dokumen ataupun kajian-kajian mengenai Bagus Rangin untuk mendukung pengusulan beliau sebagai Pahlawan Nasional.

Bangsa Indonesia, lanjut Emil, merdeka dan terbentuk lewat perjuangan. Ki Bagus Rangin, turut berjuang 207 tahun silam, ketika beliau akhirnya ditangkap Belanda sekitar tahun 1812.

"Simbolisasi perjuangan beliaupun diabadikan sebagai salah satu nama jalan di Kota Bandung, yaitu Jalan Bagus Rangin," Tutur Emil.

"Sebagai pemimpin Jawa Barat, saya berkewajiban untuk meneruskan semangat perjuangan beliau agar menjadi pedoman generasi muda Jawa Barat," paparnya.( Humas dan Protokol Setda Jabar )