Beranda >

Berita > Dedie Rachim Apresiasi Hadirnya Museum Pertanian di Kota Bogor


22 April 2019

Dedie Rachim Apresiasi Hadirnya Museum Pertanian di Kota Bogor

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim hadir dalam peresmian Museum Pertanian dan Gedung Perpustakaan dan Pengetahuan Pertanian Digital, Senin (22/4/2019). Dalam acara yang dilangsungkan di komplek Museum Tanah dan Pertanian, Jalan Ir. H. Juanda, Bogor Tengah, itu turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian Syukur Iswantoro.

Dedie Rachim mengapresiasi keberadaan fasilitas wisata dan edukasi baru di Kota Bogor. Namun di sisi lain Kota Bogor harus mengantisipasi dampak dari hadirnya museum ini terhadap trafik lalu lintas di pusat kota, khususnya Kebun Raya dan sekitarnya.

“Misalnya, harus diperhatikan berapa jumlah target pengunjung museum, bagaimana dengan rasio tempat parkir. Lahan parkirnya cukup atau tidak. Itu yang sederhana. Kemudian bagaimana kedepan Kota Bogor mengantisipasi hal-hal seperti ini,” ungkap Dedie.

Kalau semakin banyak pusat-pusat kegiatan di tengah Kota artinya lalu lintas bertambah macet. “Pemkot akan mencoba mencari solusinya. Apakah dengan membangun tempat parkir dengan konsep park and ride, kemudian juga mereka naik sarana transportasi tertentu ke tempat-tempat wisata dan lain-lain,” jelasnya.

Dia menyebutkan, Museum Pertanian sangat yang mendapatkan bantuan dari Belanda ini sangat bagus sebagai sarana edukasi. Karena, kata dia, museum ini menampilkan sejarah panjang pertanian Indonesia dari masa ke masa. Tujuannya, untuk mengenalkan negara ini kepada dunia sebagai negara agraris dan siap menjadi lumbung pangan dunia pada 2045.

“Kami mengapresiasi. Museum ini pasti akan diharapkan mampu menarik perhatian pengunjung untuk datang kesini, terutama pelajar dan mahasiswa,” imbuhnya.

Setelah diresmikan, Museum Pertanian ini pun bisa langsung dikunjungi oleh masyarakat umum dan gratis selama empat bulan. Museum ini juga akan menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Bogor yang terintegrasi dengan Kebun Raya Bogor.

Hadir pada kesempatan itu Duta Besar negara sahabat, Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB, Deputi Pangan dan Pertanian Kemenko Pertanian, Pejabat Eselon I dan II di lingkup Kementan RI. (Humpro :Tria/Indra/Pri)