Beranda >

Berita > Dedie Rachim Buka Rakerda Asdepamsi DPD Jabar


02 Juli 2019

Dedie Rachim Buka Rakerda Asdepamsi DPD Jabar

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Dewan Pengawas PDAM Seluruh Indonesia (Asdepamsi) DPD Jawa Barat yang digelar di Hotel Onih Jalan Paledang, Bogor Tengah, Selasa (2/7/2019).

Dalam sambutannya Dedie mengungkapkan, Rakerda kali ini diharapkan bisa menghasilkan satu kesepakatan bersama tentang bagaimana agar pelayanan semakin prima. Kemudian harus bisa menjaga sumber bahan baku air.

"PDAM tidak bisa mengandalkan diri sendiri, harus ada stakeholder lain yang berkontribusi pada kemajuan PDAM yang hasilnya dinikmati masyarakat. Contohnya begini, orang membuang sampah ke sungai, lalu orang yang membuang sampah itu di rumahnya menggunakan air PDAM tidak? Kan, ini satu kesatuan. Di mana, proses sirkulasi produksi dari hulu sampai hilir yang melibatkan banyak orang," ungkap Dedie.

Menurutnya, PDAM harus juga berpikir ke arah sana. Jangan sampai nanti di satu titik mata airnya sudah kering, sungai sudah tidak memadai dan menopang kebutuhan serta harganya pun menjadi mahal sehingga yang dirugikan masyarakat.

"Jadi pemikirannya harus holistik. Semua harus dipikirkan karena ini bisnis jangka panjang. Namanya air dibutuhkan seumur hidup," tegasnya.

Rakerda ASDEPAMSI DPD Jawa Barat dihadiri 18 dewan pengawas. Sedangkan jumlah anggota seluruhnya sebanyak 25 PDAM. (Humpro :Tria/Hari/Ryan/pri)