Beranda >

Berita > HLUN 2019, Ridwan Kamil Paparkan Program Lansia Pemdaprov Jawa Barat


10 Juli 2019

HLUN 2019, Ridwan Kamil Paparkan Program Lansia Pemdaprov Jawa Barat

KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat akan memaksimalkan kebahagiaan para lanjut usia (lansia) di Jawa Barat. Dia pun memaparkan beberapa program strategis untuk mewujudkan hal tersebut dalam acara puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Nasional 2019 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (10/7/2019).

“Kami ingin memaksimalkan indeks kebahagian para lansia di Jawa Barat,” ujar Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil-- dalam sambutannya.

“Semua kebijakan Gubernur terkait lansia sebenarnya refleksi pengabdian saya kepada ibu kandung saya yang masih hidup dan selalu medoakan saya,” lanjutnya.

Menurut Emil, ketika usia sudah memasuki senja, ada dua hal yang menjadi tantangan, fisik yang sudah melemah dan secara mental perlu ada perhatian khusus dari yang lebih muda.

Untuk itu, Pemdaprov Jawa Barat memiliki beberapa program untuk meningkatkan kebahagiaan dan kualitas hidup para lansia. Seperti program Minggu Lansia yang terinspirasi dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Program tersebut akan mengajak relawan muda untuk mengunjungi para lansia, minimal satu kali setiap minggu. Tujuannya, untuk membawa keceriaan bagi para lansia melalui interaksi dan komunikasi.

“Kita buat gerakan Minggu Lansia dimana relawan-relawan anak muda itu kita atur bersilaturahim kepada para lansia khususnya yang kesepian, membawa makanan, mengajak piknik, ke Car Free Day atau sekadar menemani bicara,” katanya.

Selain itu, kata Emil, program untuk meningkatkan produktivitas para lansia, yakni lansia kembali ke sekolah. Namun, bukan untuk belajar, melainkan untuk menjadi guru tamu. “Ada mantan Gubernur, mantan seniman yang masih hebat, mantan bupati, mantan orang-orang pintar yang sayang kalau sepatah dua patah ilmunya tidak tertransfer kepada generasi anak-anak,” ucapnya.

Emil juga menyebut pihaknya tengah mengadakan kajian ilmiah yang hasilnya akan dijadikan kebijakan. Hasil kajian tersebut diharapkan bisa menjadi masukan kebijakan Gubernur Jawa Barat untuk memaksimalkan kehidupan para lansia.

“Termasuk sedang kita hitung tentang memudahkan, menggratiskan, memberikan subsidi untuk biaya kesehatan, untuk biaya piknik, untuk hal-hal lain terserah maunya lansia. Saya hanya bilang yes,” katanya.

Selain itu, Emil mengatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan program Pesantren Kilat untuk lansia. Tak hanya program spiritualitas, di pesantren kilat ini, para lansia akan diberikan wawasan tentang pertanian atau berkebun. Rencananya, lokasi pesantren tersebut ada di Kabupaten Bandung Barat.

“Dua minggu dalam sebulan kita belajar agama di pesantren yang disiapkan. Pada saat tidak ngaji, bisa berkebun, bertani, atau bercocok tanam. Jadi, dua-duanya dapat, kegiatan fisik mendekati alam dan kegiatan spiritualitas belajar agama,” ucapnya.

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa lansia bukan halangan untuk tetap berkontribusi kepada negara dan masyarakat. Sebagai generasi muda, lanjut Agus, kita perlu mendukung semangat positif para lansia, seperti yang terlihat dalam acara HLUN 2019 yang dihadiri sekitar 6.000 lansia.

Pemerintah juga akan mendorong agar aturan batas usia lansia 60 tahun diubah menjadi 65 tahun. Karena menurut Agus, usia 60 adalah usia yang masih produktif dan aktif. Sesuai dengan tema HLUN 2019 “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat.”

“Tentu saya akan mempertimbangkan untuk mendorong adanya revisi aturan itu agar lansia kita tetapkan pada umur 65 tahun,” katanya.

“Menjadi tantangan kita saat ini agar para lansia bisa menjadi aset Sumber Daya Manusia yang tetap sehat, mandiri, produktif, sejahtera dan bermartabat, sehingga para lansia masih bisa berkontribusi secara positif terhadap pembangunan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa Indonesia telah memasuki era dengan penduduk berstruktur tua. Era tersebut dimulai pada tahun 2000 dengan proporsi lansia mencapai 7,18 persen , sedangkan suatu negara yang dikategorikan negara bertsruktur tua apabila proporsi lansia mencapai 7 persen ke atas.

Pertumbuhan jumlah lansia dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada 2005 terdapat 8,5 persen  penduduk lansia, pada 2010 ada 9,77 persen penduduk lansia, dan diakhir 2018 jumlah penduduk lansia mencapai 24,4 juta jiwa atau 9,27persen dari total populasi Indonesia. Pada 2020 jumlah lansia di Indonesia diperkirakan akan mencapai 11,3 persen.

“Tentu hal ini sudah seharusnya pemerintah baik pusat maupun daerah bekerja sama dengan lembaga non-pemerintah untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada lansia,” katanya.

Agus pun memaparkan beberapa hal terkait langkah konkret yang perlu dilakukan untuk menjadikan lansia sebagai aset SDM yang produktif. Pertama, langkah preventif merupakan upaya mencegah dan menanggulangi risiko kemiskinan di kalangan lansia. Kedua, protektif adalah upaya untuk memberikan pelayanan dasar dan bantuan sosial bagi lansia yang perlu layanan.

Ketiga, promotif adalah upaya untuk meningkatkan kapasitas keterampilan dan tingkat pendapatan di kalangan lansia. Keempat, transformatif yaitu upaya untuk menyiapkan perangkat hukum dan kebijakan untuk menghilangkan kerentanan dan ketidaksetaraan terhadap kaum lansia.

Tokoh Nasional Peduli Lansia

Pada acara puncak HLUN Tingkat Nasional 2019 ini, Emil mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Nasional Peduli Lanjut Usia Tahun 2019 dari Kementerian Sosial. Emil dinilai sebagai seorang arsitek dan politikus yang sangat peduli dengan lanjut usia.

Posisi jabatan strategis sebagai kepala daerah baik semasa menjadi Wali Kota maupun sebagai Gubernur tetap mengedepankan keberpihakan pada peningkatan kualitas pelayanan terhadap lanjut usia.

Berbagai karya monumental dibuat Emil semasa menjabat sebagai Wali Kota dan Gubernur. Berbagai pusat pelayanan dasar untuk lanjut usia dilaksanakan didukung dengan berbagai kebijakan pro lansia, seperti Taman Lansia dan rumah sakit ramah lansia.

Selain Emil, adapun daftar penerima Penghargaan HLUN 2019 lainya, sebagai berikut:

1. Kategori Tokoh masyarakat : Hj. Kartinah, Damayanti, Ika Siti Rahmatika, Corie Wadu Lay Rade, Dr. Sukesi dan Meti,
2. Kategori LKS-LU: Siti Jumariah (Harapan Borneo), I Gwde Eka (Yayasan maha Bhoga Marga), Sr. Elizabeth (PSTW Senjarawi Bandung), Erhan Herdianto (Wahana Insani Waluya) dan Sr. Feronika Indrawati ( Yayasan Catur Nugraha),
3. Kategori Keluarga: Maria Iraz Jakadewa,
4. Kategori Kelompok: Titik Herminati (Diabetes Militus Plus) dan Deni Putra (Kami Peduli Bireun),
5. Kategori Kepala Daerah : Walikota Bandung Oded M. Danial, Walikota Jambi Syarif Pasha, Walikota Padang Mahyeldi Anshrullah, Bupati Bandung Dadang Naser, Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
6. Kategori Bidang Seni dan Budaya: Bimbo,
7. Kategori Bidang Kependudukan: Haryono Suyono, dan
8. Kategori Bidang Lingkungan Hidup : Emil Salim. ( Humas dan Protokol Setda Jabar )