Beranda >

Berita > Pemkot Prabumulih Ajak 70 Wartawan Studi Banding ke Pemkot Bogor


22 Oktober 2019

Pemkot Prabumulih Ajak 70 Wartawan Studi Banding ke Pemkot Bogor

Pemerintahan Kota Bogor menerima kunjungan jajaran Pemerintah Kota Prabumulih, Sumatera Selatan di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Jalan Ir Juanda, Bogor Tengah, Selasa (22/10/2019).

Tak sekedar membawa PNS, Pemkot Prabumulih juga mengajak 70 wartawan yang biasa bertugas di wilayah Prabumulih. Kedatangan mereka disambut hangat Plt Asisten Umum Dodi Achdiyat, Plt Sekdis Kominfo, Kasubag Humas Setdakot Bogor Dian Intania, dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor Arihta Utama Surbakti didampingi jajaran pengurus PWI lainnya.

Asisten 3 Kota Prabumulih Muhammad Rasyid mengatakan, Kota Bogor dipilih sebagai daerah kunjungan belajar, karena pihaknya melihat banyak inovasi dan kemajuan signifikan dari Pemerintah Kota Bogor, khususnya di bidang publikasi.

“Kami ke Kota Bogor karena mendengar nama Wali Kota Bogor Bima Arya yang terkenal. Hal ini tentu tidak lepas dari peran media di Kota Bogor yang bisa membesarkan nama beliau,” ungkap Rasyid.

"Kami ingin tahu apa saja strategi yang dilakukan bagian Humas dan Diskominfostandi dalam mempublikasikan berita pimpinan daerah. Sekaligus terkait kerjasama dan jalinan keharmonisan Pemkot Bogor dengan rekan media," tambahnya.

Ia mengklaim, kerjasama media yang dilakukan Pemerintah Kota Prabumulih sebenarnya hampir sama dengan yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor. Dan kunjungan ke daerah seperti ini selalu rutin setiap tahun dengan mengajak teman-teman wartawan.

"Kami berharap ilmu yang sudah didapat dari Pemkot Bogor bisa diterapkan di Kota Prabumulih," katanya.

Sementara itu, Dodi Achdiyat mengatakan, selama ini bagian Humas Pemkot Bogor sudah membangun kerjasama yang cukup baik dengan media, baik cetak, online dan elektronik. Bahkan untuk kedepannya, Pemkot Bogor akan menggelar gathering bersama awak media di masing-masing OPD.

"Kami selalu sinergis dan bekerjasama dengan media, salah satunya melalui kegiatan penguatan kerjasama seperti lomba karya tulis, lomba foto, gathering media dan lainnya sesuai aturan," jelasnya.

Ditempat yang sama Kasubag Publikasi Dian Intania menambahkan, di tahun ini ada beberapa kegiatan publikasi. Mulai dari kerjasama dengan media cetak dan online, kerjasama pembuatan iklan layanan masyarakat di radio dan tv lokal.

"Setiap agenda pimpinan kami liput, buat berita dan ada foto dan buat videonya juga. Berita kemudian bisa diakses masyakat di website kotabogor.go.id sementara untuk wartawan yang terdaftar bisa mengakses rilis tersebut di bogohkabogor.kotabogor.go.id," pungkasnya. (Humpro :fla/ismet/reyna/pri)