Beranda >

Berita > Dedie Terima Buku Wisata Pulo Geulis dari PNJ


24 Oktober 2019

Dedie Terima Buku Wisata Pulo Geulis dari PNJ

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menerima buku wisata Pulo Geulis dalam bentuk infografis dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) saat membuka kegiatan Bazar Sembako dan Produk UMKM di Kantor Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (24/10/2019) pagi.

Apresiasi diungkapkan Dedie kepada civitas akademika Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan PNJ atas buku wisata Pulo Geulis yang menurutnya luar biasa dan kepada pihak Yamaha Indonesia atas kepeduliannya.

"Mewakili Pemerintah Kota Bogor saya sampaikan terima kasih atas upaya dari PNJ. Ini bisa dicontoh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, ini juga menjadi tantangan agar kedepan Kelurahan Babakan Pasar menjadi kawasan yang lebih cantik," kata Dedie yang didampingi Lurah Babakan Pasar, Rena Da Frina.

Tak hanya itu, ke depan tugas utama yang dihadapi Kelurahan Babakan Pasar adalah melakukan program beautifikasi (mempercantik) Babakan Pasar yang bisa diawali dengan menjaga kebersihan, sehingga ketika masuk ke wilayah Babakan Pasar harus berbeda, yakni menjadi lebih cantik, lebih bersih dan lebih indah serta berbunga.

"Jadi, mari kita kembangkan Pulo Geulis, libatkan warga untuk ikut serta. Panduannya sudah ada, ajak dan libatkan IPB, agar lebih produktif secara ekonomi buat inovasi atau terobosan," ajak Dedie.

Pulo Geulis menurut Dedie merupakan ikon atau simbol keberagaman Kota Bogor.

Selain itu, Dedie didampingi Lurah Babakan Pasar, Reina De Frina dan perwakilan Yamaha Indonesia sempat meninjau dan melaksanakan serah terima bantuan CSR Yamaha berupa renovasi Posyandu.

Lurah Babakan Pasar, Reina De Frina menuturkan, kegiatan hari ini terdiri dari lima rangkaian acara, yaitu launching buku wisata infografis Kelurahan Babakan Pasar, bazar sembako, edukasi pemilihan ayam potong yang dilaksanakan Mama Food, pemeriksaan HIV gratis dari Puskesmas Belong dan diakhiri peninjauan perbaikan Posyandu di RW.3.

"Ada 25 peserta bazar yang ikut serta, terdiri dari produk UMKM Babakan Pasar maupun produk lainnya," kata Reina.

Pimpinan Yamaha Indonesia Wilayah Bogor, Candra menyatakan, pada intinya Yamaha Indonesia peduli dan ingin memberikan support bagi masyarakat Kota Bogor. Saat ini baru tiga kelurahan yang telah menerima bantuan, yakni Babakan Pasar, Bantar Jati dan Panaragan.

"Kami ingin kontribusi kami bisa dirasakan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan melalui renovasi posyandu. Untuk tahun depan kami belum ada target tapi jika ada yang mau di support kita coba untuk disiapkan," kata Candra,

Perwakilan Politeknik Negeri Jakarta, Ketua Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Wiwi Prastiwinarti menjelaskan, buku wisata Pulo Geulis merupakan implementasi kerja sama Politeknik Negeri Jakarta dengan Kelurahan Babakan Pasar.

"Ini wujud nyata pengabdian masyarakat kami, ke depan kami bisa bantu bidang lainnya. Ini kontribusi kami atas persoalan konkret dalam bentuk buku yang merupakan story telling tentang potensi wisata di Pulo Geulis. Kami berharap dapat mempersembahkan sumbangan pemikiran bermakna untuk penyelesaian persoalan wisata di Pulo Geulis," kata Wiwi. (Humpro:rabas/Indra/reyna-SZ)