Beranda >

Berita > Bogor Kerja, Portal Bagi Pencari Kerja Besutan Disnakertrans Kota Bogor


24 Oktober 2019

Bogor Kerja, Portal Bagi Pencari Kerja Besutan Disnakertrans Kota Bogor

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor menghadirkan inovasi yang mampu menghubungkan pencari kerja (pencaker) dengan perusahaan. Program inovasi yang diberi nama ‘Bogor Kerja’ ini diciptakan untuk menekan angka pengangguran di kota hujan.

Diluncurkan sejak Januari 2019, portal https://bogorkerja.kotabogor.go.id/ sudah dikunjungi lebih dari 4.000 pencari kerja.

“Ada 40 lebih perusahaan se-Kota Bogor yang memasang informasi lowongan kerja (loker). Perusahaan yang terdaftar tidak bisa sembarangan. Harus sudah melalui proses verifikasi dan survei alias bukan perusahaan abal-abal atau fiktif, sehingga para pencaker tidak perlu ragu untuk melamar kerja di website Bogor Kerja," kata Kepala Disnakertrans Kota Bogor, Samson Purba.

Samson menjelaskan, para pencari kerja ataupun perusahaan sama-sama diwajibkan untuk memiliki akun terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutnya, bisa langsung mengunggah file lamaran kerja, CV dan lainnya ke perusahaan yang dituju. Setelah sukses di unggah, perusahaan akan langsung bisa memeriksa lamaran pekerjaan dan CV pencaker.

"Sejauh ini sudah banyak pencaker yang diterima kerja melalui website ini. Karena informasi loker selalu update, dan perusahaan diwajibkan melaporkan jika ada pegawai yang diterima," jelasnya.

Disnakertrans, kata Samson, terus menyempurnakan portal pencari kerja tersebut. Salah satunya dengan membuat versi aplikasi yang bisa diakses melalui ponsel android. "Kami sangat berharap website Bogor Kerja ini bisa dimanfaatkan pencaker dan perusahaan dalam penurunan angka pengangguran di Kota Bogor," pungkasnya. (Humpro :fla/hari/pri)