Beranda >

Berita > Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Bogor Resmi Terbentuk


01 November 2019

Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Bogor Resmi Terbentuk

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat berharap kegiatan Kongres Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) menjadi salah satu kesiapan Kota Bogor dalam menghadapi sebuah bencana yang kemunculan tidak ada yang tahu kapan terjadi.

Dalam kongres tersebut, Surya Kelana Putra dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bogor terpilih sebagai Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kota Bogor.

“Selamat untuk Kang Surya, terlepas dari banyaknya jabatan yang sudah dipegang. Semua gerak langkah kita bukan suatu kebetulan, semua ini menjadi amal ibadah bagi kita semua. Semoga ini menjadi uswah atau contoh bagi masyarakat Kota Bogor,” katanya saat acara penutupan di Hotel Mirah, Jalan Pangrango, Kota Bogor, Jumat (01/11/2019).

Kepada Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kota Bogor yang merupakan bagian dari BPBD Kota Bogor, ia meminta agar segera memberikan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga pemahaman dan kesiapan yang ada tidak hanya di forum, namun juga di masyarakat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kata dia, melalui BPBD Kota Kota Bogor akan memberikan perhatian dengan membuat kebijakan atau mengusulkan dukungan, baik dalam bentuk sarana prasarana maupun kaitan dengan anggaran, sehingga kedepan ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk kepentingan kebencanaan di Kota Bogor.

Ade menerangkan, saat ini sudah cukup banyak kegiatan terkait kebencanaan di Kota Bogor, mulai dari kelurahan tangguh bencana, sekolah tangguh bencana dan yang lainnya.

Dirinya meyakini keberadaan Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kota Bogor akan memperkuat dan memberikan gambaran kesiapan Kota Bogor dalam menanggulangi kebencanaan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Rr Juniarti Estiningsih mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini membahas segala sesuatu terkait Forum PRB dan keterlibatan semua elemen dalam kesiapan kebencanaan, dengan menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidang kebencanaan di Kota Bogor maupun Jawa Barat, serta dari dunia usaha.

“Semoga Ketua Forum PRB terpilih dapat memberikan angin segar dalam menjalin sinergitas dan kerja sama dengan BPBD Kota Bogor dalam memberikan percepatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Esti.

Kegiatan Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) diikuti 60 peserta perwakilan dari OPD, organisasi masyarakat, NGO, dunia usaha dan media. Acara ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan lokakarya kebencanaan yang dilaksanakan di Hotel salak Tower dua bulan yang lalu. (humpro:rabas/ismet-SZ)