Beranda >

Berita > ASN Harus Patuhi Pakta Integritas Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih


04 November 2019

ASN Harus Patuhi Pakta Integritas Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih

Sebanyak 10 Bagian di Sekretariat Daerah Kota Bogor (Setdakot) melakukan deklarasi dan penandatanganan fakta bersama Zona Integritas Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih di Plaza Balai Kota Bogor, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Senin (4/11/2019) pagi.

Sedikitnya ada empat poin dari Deklarasi Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih ini. Semuanya dibacakan Pemimpin Upacara Apel dengan lantang di hadapan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

"Deklarasi ini sebagai bagian dari kesungguhan institusi dalam mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)," ujar Ade.

Sekda menegaskan, bukan hanya mencegah KKN, tetapi disertai upaya mewujudkan wilayah bebas korupsi dan reformasi birokrasi yang akuntabel di seluruh Bagian dan OPD Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Pasalnya, deklarasi dan penandatanganan ini juga sebagai penguatan kinerja agar terus berinovasi melayani masyarakat sesuai Visi Misi Kota Bogor 2019-2024. "Tanpa komitmen dan keinginan kuat dari ASN, akan sulit meningkatkan kinerja yang bersih dan melayani dengan hati," imbuhnya.

Menurutnya, deklarasi dan penandatanganan ini menjadi formulasi dan landasan kokoh yang tepat dalam mendukung, meningkatkan wibawa, perbaikan nyata dan pelayanan prima kepada masyarakat. Sebab, integritas pada konteks organisasi menjadi satu kesatuan dengan integritas individu."Saya berharap semua ASN bisa berjalan beriringan dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum dan HAM Setdakot Bogor, Alma Wiranta mengatakan, pencanangan pakta Zona Integritas Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih ini sudah dilakukan sejak 2015, sehingga pada hari ini lebih kepada penguatan kembali bagi OPD dan bagian di lingkungan Setdakot Bogor agar bisa menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

"Semua Kabag di Setdakot sudah menandatangani pakta integritas, karena kami sepakat untuk menuju wilayah bebas korupsi dan birokrat bersih," tegasnya. (Humpro :fla/ismet/hari/indra-SZ)