Beranda >

Berita Wilayah > Tingkatkan Kesejahteraan, YBM PLN Salurkan Bantuan Rp 300 Juta di Kp Warung Bandrek


02 Desember 2019

Tingkatkan Kesejahteraan, YBM PLN Salurkan Bantuan Rp 300 Juta di Kp Warung Bandrek

Yayasan Baitul Maal (YBM) Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyalurkan dana bantuan Filantropi Islam senilai Rp 300 juta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kampung Warung Bandrek, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Dana bantuan tersebut bakal dimanfaatkan untuk merenovasi 10 bangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak dan peningkatan pemberdayaan masyarakat dari sektor ekonomi.

Dana bantuan itu diserahkan YBM PLN secara simbolis kepada Pemkot Bogor yang diterima langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim yang didampingi Camat Bogor Selatan, Lurah Bondongan dan Bagian Kerja Sama Pemkot Bogor di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (02/12/2019) sore.

Deputi Direktur YBM PLN Pusat, Salman Alfarisi mengatakan, program dana bantuan dari YBM PLN ini bukan diartikan sebagai Corporate Social Responsibility (CSR), melainkan Filantropi Islam. Filantropi Islam sendiri merupakan salah satu jalan sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan dana yang berasal dari zakat karyawan PLN.

"Untuk tahapan pertama kita realisasikan pilar di bidang kemanusiaan, yakni membangun rumah yang tidak layak menjadi layak, lingkunganya kita benahi menjadi bersih. Kemudian dari pilar di bidang ekonomi dengan menumbuhkan para pelaku usaha kecil atau warung-warung di lokasi itu sehingga bisa memajukan roda perekonomian masyarakat," ujar Salman.

Di lokasi yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh karyawan PLN yang telah berkontribusi melalui program zakat YBM PLN.

"Kami ucapkan terima kasih kepada karyawan PLN Kota Bogor dan Jawa Barat yang telah berkontribusi melalui program zakat Yayasan Baitul Maal PLN atas kepeduliannya kepada program pengentasan kemiskinan di Kota Bogor" ucapnya.

Dedie melanjutkan, dengan dana bantuan tersebut pihaknya akan fokus untuk mengentaskan segala persoalan di satu titik lokasi, yakni Kampung Warung Bandrek ini. Pada lokasi itu, ia berharap kedepan menjadi kampung percontohan bagi perusahaan-perusahaan lainnya dalam berkontribusi untuk Kota Bogor.

"Kita akan fokus untuk merevitalisasi wilayah Kampung Warung Bandrek di Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan dengan perbaikan rumah tidak layak huni dan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat disana," harapnya.

Kedepan, YBM PLN tak hanya menyentuh RTLH dan peningkatan ekonomi masyarakat saja, pihaknya akan menyentuh juga sektor pendidikan, kesehatan dan dakwah di lokasi itu. YBM PLN sendiri, telah memberikan nama untuk lokasi yang disasarnya itu menjadi Kampung Cahaya Berdaya Warung Bandrek. (Humpro :Alif/Ryan-SZ)

 

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk