Beranda >

Berita > Kapolda Jabar : Kami Siap Mengamankan Malam Natal 2019


24 Desember 2019

Kapolda Jabar : Kami Siap Mengamankan Malam Natal 2019

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi didampingi Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser dan Dandim 0606 Kota Bogor, Kolonel Arm Teguh Cahyadi melaksanakan pengecekan kesiapan pengamanan jelang malam Natal 2019 di Gereja Katedral, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Selasa (24/12/2019) pagi.

“Hari ini saya bersama pejabat utama Polda Jawa Barat didampingi Pemerintah Kota Bogor, Kapolresta dan Dandim Kota Bogor, melihat kesiapan pengamanan dalam rangka malam Natal 2019 di Kota Bogor khususnya dan Jawa Barat umumnya," katanya.

Pihaknya menyatakan siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Kapolda Jawa Barat yang sebelumnya memeriksa pengamanan di Sentul.

Pengamanan yang dilakukan mendapat apresiasi Kapolda Jawa Barat, karena tidak hanya dilakukan aparat kepolisian dan TNI tetapi juga melibatkan organisasi masyarakat (ormas) dan forum pemuda lintas agama di Kota Bogor.

Kapolda Jawa Barat mengajak semua lapisan masyarakat untuk berdoa bersama agar perayaan malam Natal 2019 berjalan aman, kondusif dan lancar.

Kepada masyarakat yang akan merayakan malam natal, Kapolda Jawa Barat menegaskan jajaran Kepolisian Jawa Barat siap mengamankan secara maksimal di wilayah Jawa Barat.

Pengamanan yang dilakukan sambung Kapolda, tidak hanya bagi umat nasrani yang melaksanakan ibadah malam Natal di kediaman pribadi, selama ada laporan kepada jajaran polsek terdekat. “Doa kami semua aman dan terkendali semua,” harap Kapolda Jawa Barat.

Disinggung potensi ancaman yang mungkin muncul di beberapa titik, Irjen Pol Rudy Sufahriadi menyebutkan, seluruh jajaran pengaman tidak boleh lengah, harus siap siaga dan tidak boleh meremehkan.

Semua Standar Operasional Prosedur (SOP) sudah dilaksanakan secara maksimal dan kepada para kapolres di wilayah Jawa Barat. Ia memerintahkan untuk mengecek titik-titik atau tempat keberadaan para anggotanya sesuai perintah. Di Jawa Barat ada 632 rumah ibadah nasrani yang dijaga.

Pada kesempatan tersebut Kapolda menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat untuk menjaga ketertiban lingkungan dan bersama-sama menjaga rekan-rekan umat nasrani dalam menjalani ibadahnya di malam natal.

"Ini tanggung jawab kita semua, mari bersama kita pikul tanggung jawab ini, sehingga ibadah malam natal dapat berjalan aman dan terkendali, ujarnya.

Usai mendampingi, Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat yang didampingi Asisten Pemerintahan, Hanafi, menyampaikan apresiasinya atas atensi Kapolda Jawa Barat untuk memastikan keamanan, ketertiban dan kenyaman warga Kota Bogor dalam menjalankan ibadah malam natal.

“Kita harus memahami secara benar, ibadah adalah hak seluruh warga negara, karenanya kehadiran pemerintah untuk memastikan semua berjalan aman, nyaman dan tertib. Sesuai himbauan Kapolda, untuk menjaga keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab semua lapisan,” kata Sekda. (Humpro)