Beranda >

Berita > 468 Karateka Duel di Kejuaraan Kakanwil Bea Cukai Jawa Barat


03 Januari 2020

468 Karateka Duel di Kejuaraan Kakanwil Bea Cukai Jawa Barat

Sebanyak 468 karateka ambil bagian dalam kejuaraan Karate Terbuka Piala Kakanwil Bea  Cukai Jawa Barat Tahun 2020 di GOR Pajajaran, Jalan Pemuda Kota Bogor, Jumat (03/01/2020). 

Para karateka tersebut berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat, diantaranya Bandung, Cimahi, Tasikmalaya bahkan ada yang berasal dari luar Jawa Barat, diantaranya Banyumas, Jawa Timur, DKI Jakarta hingga Banten. 

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat, Saepulloh Nasution tampak hadir dalam pembukaan kejuaraan yang memperebutkan 388 medali bagi para atlet yang berhasil keluar sebagai juara, mulai dari pra usia dini hingga veteran.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat, Saepulloh Nasution menyebutkan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Bea Cukai terhadap pembinaan cabang olahraga, salah satunya diantaranya Karate yang menjadi olahraga wajib di institusi Bea Cukai mengingat karakteristik tugas di Bea Cukai yang memerlukan sikap perilaku dan ketangkasan bela diri dalam mempertahankan diri. 

"Jadi, kejuaraan ini sebagai bentuk kepedulian kami bagi olahraga Karate, khususnya bagi para atlet karakter potensial untuk meningkatkan prestasi, para generasi muda dan masyarakat," katanya.

Selain itu, diharapkan juga lahir atlet karate nasional dari Jawa Barat. "Semoga kedepan para atlet muda potensial ini akan menjadi atlet andalan bagi Indonesia," harap Saepulloh. 

Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argoebie menilai kejuaraan ini merupakan satu upaya untuk membangkitkan lagi olahraga karate Kota Bogor yang kondisinya sedang "sakit". 

Menurutnya ini menjadi semacam obat dengan menghadirkan banyak pertandingan olahraga karate untuk mengajak para atlet, personal dan pihak yang peduli karate untuk berprestasi kembali.

"Dari seluruh cabor beladiri, karate paling banyak peminatnya," kata Ketua KONI sambil menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai Jawa Barat atas terselenggaranya kejuaraan tersebut.

Saat ini kata Ben sapaan akrabnya peringkat cabor karate Kota Bogor di Jawa Barat sangat menyedihkan. Untuk itu, untuk lebih meningkatkan prestasi karate di Kota Bogor dalam 2 hingga 3 bulan KONI Kota Bogor akan menggelar kejuaraan karate KONI Cup tingkat Jawa Barat atau nasional. 

Panitia Pelaksana sekaligus Ketua Umum Akademi Seni Beladiri Karate Indonesia (ASKI) Kota Bogor, Aziz G. Nasution menuturkan, sebelum mengikuti kejuaraan tersebut, khusus bagi para karateka Kota Bogor berkesempatan mengikuti coaching clinic yang didukung KONI Kota Bogor bersama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dengan menghadirkan mantan atlet dan pelatih karate nasional, seperti Ucok Marisi yang saat ini menjabat Wakil Bidang Prestasi FORKI Pusat. (prokopim)