Beranda >

Berita > Unik dan Enerjik, Gaya Bima Arya Sampaikan Capaian Kinerja Lewat Video Ini


17 Januari 2020

Unik dan Enerjik, Gaya Bima Arya Sampaikan Capaian Kinerja Lewat Video Ini

Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan gaya unik dalam menyampaikan capaian kinerjanya kepada warga. Dengan mengunggah sebuah video berdurasi 2 menit 51 detik dengan judul ‘Bogor Berlari’ di akun instagram @bimaaryasugiarto, ia tampak enerjik berlari mengenakan setelan jas berwarna navy sambil memaparkan program-program yang telah dilakukan jajaran Pemerintah Kota Bogor sepanjang 2019. Seperti apa?

Scene pertama, Bima Arya lakukan di Balaikota Bogor. “Tahun 2019 adalah tahun yang penuh suka, duka, harapan dan cita-cita. Di sini, di Balaikota Bogor semua harapan dan cita-cita warga direncanakan untuk dilaksanakan dan dituntaskan. Karena ikhtiar dari pemerintah kota adalah untuk menjemput mimpi seluruh warga, mimpi untuk hidup dengan layak di kotanya, mimpi untuk bisa bangga dengan kotanya,” ucapnya dalam pembukaan video tersebut.

Kemudian dalam periode keduanya, Bima Arya bersama wakilnya Dedie Rachim mulai memperkenalkan tagline ‘Bogor Berlari’ pada April 2019. “Tidak ada program 100 hari karena setiap hari kita akan terus berlari untuk melayani warga dengan sepenuh hati. Birokrasi Kota Bogor harus terus berlari,” kata Bima.

Di bidang pelayanan publik, Bima Arya memamerkan Mall Pelayanan Publik (MPP) Grha Tiyasa yang dibuka pada Agustus 2019. “Sejak diresmikan sudah dikunjungi 32 ribu warga Bogor. Ada 145 layanan dari 14 instansi untuk memudahkan dan membahagiakan warga Kota Bogor,” terangnya.

Pemkot Bogor juga terus menata ruang terbuka publik. Menurut Bima, penataan tersebut bukan sekedar untuk mempercantik kota, tetapi harus bisa memberikan manfaat bagi seluruh warga. “Jalu pedestrian, taman-taman kota, semua harus bisa memberikan manfaat, semua harus bisa menyejahterakan warga, semua harus bisa mempersatukan warga,” katanya.

Di bidang kesehatan telah rampung pembangunan tahap II RSUD Kota Bogor dengan tambahan 264 tempat tidur kelas III kualitas terbaik. “Di bidang transportasi, untuk mengurai kemacetan telah tuntas pembangunan flyover Jalan RE Martadinata,” ujarnya.

Pembangunan, lanjut Bima, tidak hanya dilakukan di pusat kota. Misalnya sepanjang 2019 kemarin Pemkot Bogor menganggarkan Rp 36 miliar untuk merenovasi 4.634 unit Rumah Tidak layak Huni (RTLH). Kemudian Bima Arya mengenalkan Kampung Hihid di Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat. Kampung tersebut meraih juara I lomba kesehatan se-Jawa Barat.

Bicara soal penghargaan, sepanjang 2019 Pemkot Bogor meraih 81 penghargaan, baik ditingkat nasional maupun internasional. Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pelayanan publik terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Bima Arya juga meraih Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI serta masuk ke dalam kota paling inovatif di Indonesia.

Di akhir video Bima Arya menyatakan bahwa segala pencapaiannya tidak diraih oleh seorang diri, ada peran luar biasa dari jajaran dinas termasuk ribuan ASN di Kota Bogor. “Tapi saya tidak berlari sendiri. Saya berlari bersama Wakil Walikota, Sekda, Kepala Dinas, Camat, Lurah dan seluruh birokrasi di Kota Bogor,” pungkasnya.

Video kreatif tersebut kemudian mendapatkan komentar positif dari netizen. 19 jam sejak di unggah, video tersebut telah ditonton lebih dari 50 ribu, disukai 11 ribu, dan dikomentari 1.213 orang.

“Kece annual report-nya. Tapi ningalina abdi nu eungap ngos-ngosan (Tapi lihatnya saya jadi ngos-ngosan),” tulis akun @Megawatibia.

“Vidionya mantap pak, totalitas bangat. Maju terus pak, sampai merinding nonton vidionya gak mengira tugas dan amanah yang besar bisa di jalankan dengan semua instansi,” tulis @Mhd_ali_sabar_hasibuan.

“Konsep komunikasi dg video kek gini keren (krn jarang2 ada pemerintahan sekelas kota yg inovatif gini, sekelas kementrian aja gak sekreatif gini videonya). Videonya ciamik, sederhana tp ngena, dapet maknanya. Penyampaian yg energik jd yg nonton ikutan optimis. Dan inovasi mall pelayanan itu keren ya. Semoga inovasi2 lainnya trs muncul dan di kota2 lain jg,” tulis @Didianacahya

“Untuk pertama kalinya saya nonton habis video bapak. Penyampaian visi yang menarik. Kaya akan ide baru. Di layar hp saya, bapak terlihat energik. Mampu membagkitkan semangat. Saya ikutan terengah, seakan habis berlari pegang kamera di depan bapak,” tulis @Gunaganiku. (prokompim)