Beranda >

Berita > Bangun Sinergi Melalui Forum Perangkat Daerah Satpol PP dan Linmas


25 Februari 2020

Bangun Sinergi Melalui Forum Perangkat Daerah Satpol PP dan Linmas

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menilai Forum Perangkat Daerah Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP dan Linmas) se Jawa Barat merupakan wahana strategis untuk membangun kesepahaman dalam gerak dan langkah pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan yang diemban Satpol PP di wilayah Jawa Barat.

“Dari hari ke hari tugas dan fungsi Satpol PP dirasa semakin berat, karena dinamika kehidupan pelayan publik dalam penciptaan kondisi yang tentram dan tertib di daerah semakin tinggi. Melalui forum ini diharapkan sesuai tema yang diusung, yaitu bersama-sama mengoptimalkan peran satpol PP dalam penguatan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat,” katanya saat membuka acara di Savero Style Hotel, Jalan Pajajaran, Selasa (25/02/2020).

Selama tiga hari pelaksanaan forum ini dimaksudkan untuk mensinergikan, mengidentifikasi isu dan permasalahan penyelenggaraan Satpol PP di daerah sebagai bahan perumusan kebijakan teknis serta kolaborasi pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan regulasi, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur serta perlindungan masyarakat.

Dengan forum ini, lanjut Sekda akan menjadi modal utama kelembagaan bagi masa depan Satpol PP yang penuh tantangan dan tuntutan dari dinamika masyarakat yang perlu disikapi dengan semangat dan persiapan yang matang dari seluruh anggota Satpol PP.

Selain itu, kehadiran perangkat lainnya sebagai mitra Satpol PP mutlak diperlukan dalam menjalin komunikasi dan koordinasi yang lebih baik guna menghindari persoalan yang mungkin muncul antar perangkat daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Sarip Hidayat hadir didampingi Plt. Satpol PP Kota Bogor, Irwan Riyanto yang juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bogor. Sedangkan peserta forum terdiri dari Kepala Satpol PP kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Dalam laporan, Sekretaris Satpol PP Provinsi Jawa Barat, Khoirul Naim menyampaikan tujuan forum ini untuk mentransformasikan tugas dan kewenangan Satpol PP dalam mendukung dan mensukseskan seluruh tanggung jawab urusan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, termasuk untuk tahun 2020 di Jawa Barat akan digelar pesta demokrasi, yaitu pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 8 wilayah di Jawa Barat.

“Selain itu tujuan acara ini untuk mendukung sinergitas dan menyelaraskan program dan kegiatan Satpol Jawa Barat dengan Satpol kabupaten/kota dalam rangka kolaborasi dan optimalisasi capaian sasaran sesuai kewenangan yang ada. Adapun peserta yang hadir ada 57 peserta dari 27 kabupaten/kota ditambah beberapa unsur dari perangkat daerah provinsi Jawa Barat,” kata Khoirun.

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat, Haryadi Wargadibrata bersama Plt. Satpol PP Kota Bogor, Irwan Riyanto hadir sebagai narasumber bersama beberapa perwakilan perangkat daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.(prokompim)