Beranda >

Berita > Sambut HJB, Ratusan Warga Punguti Sampah di Sungai Ciliwung


01 Juni 2013

Sambut HJB, Ratusan Warga Punguti Sampah di Sungai Ciliwung

Ratusan warga Kota Bogor, beramai-ramai turun ke sungai Ciliwung, untuk memunguti sampah yang berserakan di sungai yang mengalir ke Jakarta tersebut.

Aksi pungut sampah yang digelar Komunitas Peduli Cililung (KPC) dibuka resmi oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor Daud Nedo Darenoh. Kegiatan ini dalam rangkaian menyambut HJB ke 531 itu, disambut antusias oleh masyarakat di 12 Kelurahan yang terlintasi oleh Sungai Ciliwung. Mereka bersemangat mengumpulkan sampah plastik dan berbagai limbah ke dalam karung.

Een menjelaskan, kriteria penilaian dalam lomba ini yaitub jumlah peserta yang ikut berpartisipasi, jumlah karung yang dikumpulkan dan kreativitas warga selama lomba. Dari penilaian setiap kelurahan mendapatkan poin yang kemudian dijumlah. Kelurahan yang mendapatkan poin tertinggilah yang akan menjadi pemenang. Selain memperebutkan tropy bergilir walikota Bogor, kita juga menyiapkan hadiah uang pembinaan dengan total mencapai Rp15,5 juta. Een mengatakan, kegiatan yang digelar untuk ke lima kalinya bertujuan menyadarkan masyarakat menjaga kebersihan sungai dan tidak berani membuang sampah sembarangan.

Ke 12 Kelurahan yang ikut serta, yaitu: Kelurahan Tajur, Kelurahan Sindang Rasa, Kelurahan Katulampa, Kelurahan Babakan Pasar, Kelurahan Sukasari, Kelurahan Baranangsiang, Kelurahan Sempur, Kelurahan Bantarjati, Kelurahan Tanah Sareal, Kelurahan Kedung Badak, Kelurahan Cibuluh, dan Kelurahan Kedung Halang. Een Irawan Putra menambahkan, setiap tahun jumlah peserta lomba semakin meningkat dan warga semakin antusias. Selain lomba mulung sampah, KPC juga menyelenggarakan kegiatan lainnya yaitu lomba fotografi dan bakti sosial berupa pengobatan gratis untuk warga bantaran Sungai Ciliwung. (yan)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk