Beranda >

Berita > Kota Bogor Sasaran Observasi Lapangan Peserta Diklatpim Banda Aceh


11 Juni 2013

Kota Bogor Sasaran Observasi Lapangan Peserta Diklatpim Banda Aceh

Sebanyak 40 peserta Diklatpim Tingkat IV angkatan VI Badan Kepegawaian Daerah Pemerintahan Kota Banda Aceh Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam melakukan Observasi Lapangan (OL) di Kota Bogor. Kedatangan ke Kota Bogor dipimpin langsung Wakil Walikota Banda Aceh Hj. Iliza Sa’aduddin Djamal diterima Asisten Tata Paraja SEkretariat Daerah Bogor Ade Sayarif Hidayat mewakili Walikota Diani Budiarto di Ruang Rapat I Balaikota Bogor.

Wakil Walikota Banda Aceh Hj. Iliza Sa’aduddin Djamal menyampaikan, bahwa peserta Diklatpim Tingkat IV angkatan VI yang berjumlah 40 orang dan 8 pendamping ini akan melakukan Observasi Lapangan ke di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, dan Dinas Kesehatan Kota Bogor, terkait dengan kebijakan tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), dan penataan Kota Bogor dengan konsep green City.

Walikota Bogor dalam sambutannya disampaikan, Asisten Tata Paraja Ade Syarif Hidayat mengatakan, bahwa Kota Bogor memiliki Perda Nomor 12 Tahun 2009 tentang KTR yang keberadaannya telah menjadi payung hukum untuk mengatur penetapan Kawasan Tanpa Rokok. Dalam Perda ini KTR terdiri dari tempat umum, tempat kerja, tempat ibadah, tempat bermain dan/atau berkumpulnya anak-anak, kendaraan angkutan umum, lingkungan tempat proses belajar mengajar, sarana kesehatan, dan sarana olahraga. Perda ini pun memuat berbagai macam sanksi hukum bagi siapa saja yang melanggar berbagai aturan yang dalam Perda tersebut.

Untuk itulah, langkah pertama untuk mensukseskan pelaksanaan perda ini adalah semangat untuk memberikan contoh kepada seluruh elemen masyarakat. Kami yang berada di Pemerintah Kota Bogor diharapkan menjadi role model bagi suksesnya gerakan Kota Bogor bebas asap rokok.

Bahkan, berdasarkan hasil survei yang sama, lebih dari 90 % perokok aktif di Kota Bogor mendukung langkah pemerintah menerapkan kebijakan 100 % bebas asap rokok. Selain itu Pemerintah Kota Bogor telah melakukan serangkaian konsistensi langkah untuk menyukseskan program KTR seperti konsistensi menurunkan jumlah reklame produk rokok di berbagai ruas jalan di Kota Bogor.

Kaitan tema kota hijau, kata walikota, kota Bogor adalah salah satu kota di Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). Dijelaskan, Kepercayaan untuk ikut serta dalam P2KH harus kami jawab dengan kesiapan dalam merancang sejumlah langkah baik dari segi kebijakan maupun langkah-langkah jangka pendek untuk mendukung pelaksanaan P2KH di kota Bogor.

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk