Beranda >

Berita > Usmar : Jadikan Keroncong Agenda di Kampus dan Sekolah


05 Juni 2016

Usmar : Jadikan Keroncong Agenda di Kampus dan Sekolah

Iringan musik keroncong memenuhi RRI Kota Bogor, Sabtu (4/6/2016) kemarin. Alunan khas gitar, organ, ukelele, dan bass mengalun mengiringi lagu yang disenandungkan biduan diatas panggung. Sementara itu penonton tampak menikmati suguhan musik dengan tenang. Suasana ini tampak dalam gelaran bertajuk Bogor Festival Keroncong Internasional yang digagas Komunitas Insan Keroncong Indonesia (Ikon) bekerjasama dengan RRI Kota Bogor.

Ketua Komunitas Insan Keroncong Indonesia Suyitno mengatakan, acara ini bertujuan untuk lebih mendekatkan kesadaran budaya antar negara. Bukan tanpa alasan, keroncong sebagai musik khas Indonesia sudah tersebar hingga ke berbagai negara. Tak ayal, penyanyi keroncong asal Singapura dan Malaysia rela datang ke Indonesia khususnya ke Kota Bogor untuk ikut berpartisipasi. Meski begitu, musik keroncong belum terlalu digemari generasi sekarang. Padahal keroncong merupakan warisan budaya Indonesia. "Saya ingin generasi muda bisa menyukai keroncong melalui lomba-lomba keroncong setingkat sekolah," ujar Suyitno.

Sementara Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan upaya melestarikan kebudayaan lokal Indonesia di bidang musik, salah satunya keroncong, masih menjadi persoalan. Karena itu Usmar beranggapan acara ini bisa menjadi salah satu cara untuk terus melestarikan keroncong. Dan lebih baik lagi jika event musik keroncong bisa masuk menjadi agenda di universitas, SMA, SMP hingga SD. Karena dalam lagu-lagu keroncong sangat sarat dengan pesan moral dibanding lagu-lagu lain. "Kita harus bersama-sama bersinergi dengan RRI Kota Bogor untuk terus mencari potensi keroncong dari anak-anak muda," jelas Usmar.

Kepala RRI Kota Bogor Ni Made Sri Widari mengatakan RRI Kota Bogor selalu berupaya, sembari bekerjasama dengan Pemkot Bogor, untuk melestarikan budaya dan kesenian melalui acara-acara seperti ini. Hal ini sesuai dengan visi misi RRI yang juga fokus dalam menjaga kesenian asli Indonesia agar tidak tergerus jaman. Maka dimulai dari Kota Bogor ia ingin keroncong ikut mendunia. "Kami juga melakukan pembina kesenian kepada generasi muda melalui lomba keroncong remaja agar keroncong bisa bangkit kembali," pungkas Made. (fla/agus) dkw

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk