Beranda >

Berita > PPDB Online Dilaksanakan 27-29 Juni 2016


22 Juni 2016

PPDB Online Dilaksanakan 27-29 Juni 2016

Berdasarkan keputusan, pelaksanaanPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)online dimulai tanggal 27 hingga 29 Juni 2016 bagi siswa SMP yang mendaftar ke SMA/SMK Negeri di Kota Bogor. Sedangkan untuk PPDB online SMP dilaksanakan pada 30 Juni hingga 2 Juli 2016.

Lima hari menjelang pelaksanaannya, Dinas Pendidikan Kota Bogor menggelar sosialisasi tahap lanjutan bagi para operator dan Kepala Sekolah SMP dan SMA/SMK Negeri se Kota Bogor. Sosialisasi berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Kota Bogor, Jalan Heulang Nomor 6, Rabu (22/6).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Bogor Jana Sugiana mengungkapkan kegiatan hari ini merupakan persiapan terakhir terkait pelaksanaan PPDB Online."Sosialisasi sekaligus juga finalisasi agar pada saat  pelaksanaan lancar dan baik sesuai harapan, adanya sinkronisasi antara operator SMP dan SMA/SMK pada saat pendaftaran siswa," jelas Jana.

Menurut Jana permasalahan yang hadir saat PPDB online sebelumnya, disebabkan kurangnya antisipasi akibat belum adanya pengalaman. Jika sebelumnya Disdik bekerjasama dengan Pustekom, untuk PPDB online 2016 kerjasama dengan Telkom selaku provider dan penyedia infrastruktur."Pengalaman sebelumnya bisa dijadikan pijakan agar lebih siap dan baik lagi. Secara umum, sekolah yang akan melaksanakan jadi agar lebih baik dari sebelumnya maka perlu diadakan persiapan lebih lanjut agar lebih sinkron," ujar Jana.

Jika secara  teknis sudah baik, proses onlinenya benar, maka SDM-nya pun harus sama."Dalam melayani harus sabar jangan sampai emosi, layani dengan baik. Untuk hal yang berkaitan dengan kebijakan bisa langsung ditanyakan kepada kepala sekolah atau kepada yang lebih berwenang lagi diatasnya. Para kepala sekolah saya mengimbau untuk memahami para operatornya, karena semua ini adalah rantai keberhasilan semua," tegas Jana.    

Secara khusus Jana menegaskan bagi siswa SMP yang akan mendaftar ke SMK Negeri diharuskan memeriksa kesehatan di puskemas terdekat dengan sekolah dituju."Jadi bagi siswa yang akan mendaftar ke SMK Negeri harus memeriksakan kesehatannya sebelum 27 Juni, jika tidak maka siswa tersebut  tidak bisa mendaftar ke SMK Negeri," terang Jana.

Adapun puskesmas yang dapat dituju yaitu Puskesmas Tanah Sareal bagi siswa yang akan mendaftar ke SMKN 1, Puskesmas Bogor Utara bagi siswa yang akan mendaftar ke SMKN 2, Puskesmas Sempur bagi siswa yang akan mendaftar ke SMKN 3, dan Puskesmas Lawang Gintung bagi siswa yang akan mendaftar ke SMKN 4.

Sementara itu perwakilan Telkom Widi Andika berharap kepercayaan yang diberikan Disdik dapat diimbangi dengan hasil yang maksimal."Semoga prosesnya baik dan lancar sesuai ekspektasi. Pihak Telkom akan terus melakukan pendampingan mulai dari sebelum, pelaksanaan, hingga pengumuman. Secara umum persiapan PPDB online sudah siap," terang Widi. Informasi lebih lengkap mengenai PPDB online bisa dilihat melalui situs  http://kotabogor.demo.siap-ppdb.com (rahmat) dkw

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk