Beranda >

Berita > ROIS Jepang Luncurkan Aplikasi Mobile Untuk Mengetahui Emasi Gas Rumah Kaca


23 Juni 2013

ROIS Jepang Luncurkan Aplikasi Mobile Untuk Mengetahui Emasi Gas Rumah Kaca

Research Organization of Information and Systems (ROIS) Jepang meluncurkan aplikasi mobile di HP BlackBerry dan Android untuk menghitung emisi Gas Rumah Kaca dari hasil daur ulang minyak jelantah.

Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan di Balai Besar Industri Agro (BBIA) Kementerian Perindustrian Bogor, yang dihadiri pihak Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT), Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor, Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor, Jum’at (21/2013) Prof Haruhiro Fujita salah satu peneliti dari Nigata Universiy International and Information Studies mengatakan, aplikasi tersebut dapat diunduh dari situs internet Android: http://app.el-platform.org/ (Bahasa Inggris) Black Berry: http://sw01.heteml.jp/test/ecostyle1306/ (Bahasa Indonesia/Inggris)

Aplikasi ini untuk menghitung emisi gas rumah kaca yang dapat dikurangi dari hasil daur ulang minyak jelantah menjadi biodiesel dibandingkan dengan bila dipakai lagi oleh pedagang kakilima untuk menggoreng. Dijelaskan, aplikasi ini berisi pertanyaan tentang penggunaan minyak goreng rumah tangga, dan akan menunjukkan seberapa besar pengurangan emisi gas rumah kaca (dalam kg) bila dilakukan daur ulang. “Dengan menggunakan sistem ini, masyarakat bisa berpartisipasi mengurangi emisi gas rumah kaca dari kegiatan memasak sehari-hari.

Aplikasi ini disebut Data Driven Social System, dan akan dikembangkan lebih lanjut untuk mendapatkan ‘Kredit Gas Rumah Kaca’ perorangan, sehingga bisa mendorong masyarakat dan pelaku bisnis untuk menerapkan aktifitas yang ramah lingkungan. Caranya, jelas dia, jika anda menggunakan transportasi umum sebagai ganti kenderaan pribadi atau menerapkan konsep daur ulang, anda akan memperoleh ‘kredit Gas Rumah Kaca’ berdasarkan pengurangan emisi yang dilakukan. Akumulasi kredit ini dapat ditukarkan ke toko atau restoran yang berpartisipasi(yan/lan)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk