Beranda >

Berita > Berdasar Evaluasi, Sanimas Kota Bogor Terbaik


22 September 2016

Berdasar Evaluasi, Sanimas Kota Bogor Terbaik

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Profesor Juliet Wiletss, Research Director Institute for Sustainable Futures di University of Technology Sidney, pengelolaan sanitasi masyarakat  (sanimas) di Kota Bogor masuk kategori terbaik dibanding pengelolaan yang dilakukan oleh wilayah lainnya di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Lorina Damastuti usai menerima dan mendengarkan paparan Prof. Juliet Wiletss di Paseban Surawisesa Balaikota Bogor, Rabu (21/9/2016).

Menurut Lorina, meskipun berdasarkan hasil evaluasi Kota Bogor termasuk yang terbagus dalam pengelolaan sanimas, tetapi ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Antara lain dalam segi kelembagaan dan regulasinya. Ini harus diperhatikan karena kedepannya akan menjadi monumen cipta karya. 

Selain kedua hal tadi, lanjut Lorina, pengelolaan keuangan dan keterlibatan pemerintah daerah juga menjadi bahan evaluasi yang harus diperbaiki. "Jadi kedepannya kelembagaannya harus dimasukan kedalam regulasi agar kuat dalam pelaksanaannya," ujarnya. 

Lorina menambahkan, riset ini dilakukan untuk kepentingan Bappenas dan Kementerian PUPR terkait evaluasi sanimas. Riset ini dilakukan di seluruh Indonesia dan Kota Bogor terpilih sebagai pilot project-nya. (Tria/Lani) dkw

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk