Beranda >

Berita > Wakil Walikota Serahkan Bantuan Traktor Untuk Lima Kelompok Tani


15 Juli 2013

Wakil Walikota Serahkan Bantuan Traktor Untuk Lima Kelompok Tani

Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat menyerahkan 5 unit Traktor roda dua  untuk 5 Kelompok Tani  (Poktan) di Kota Bogor Kota Bogor.   Penyerahan 5 unit traktor yang merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Barat tersebut dilakukan di Sekretariat Poktan Fajar Gumbira Kelurahan Margajaya Kecamatan Kota Bogor Barat Senin (15/7/2013).

Bantuan lima unit traktor untuk para poktan itu  guna menunjang Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah. Pada kesempatan  yang sama Ru’yat juga menyerahkan bantuan pupuk untuk para petani yang diterima secara simbolis oleh para Lurah.

Kelima Poktan yang menerima bantuan traktor tersebut adalah, Poktan Fajar Gumbira Kelurahan Margajaya Kecamatan Kota Bogor Barat, Lemah Duhur Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Kota Bogor Selatan, Batara Mina Sejahtera Kelurahan Ciluar Kecamatan Kota Bogor Utara, Mekarsari Keluarahan Muarasari Kecamatan Kota Bogor  Selatan, dan  Poktan Saluyu Kelurahan Situgede Kecamatan Kota Bogor Barat.  

Wakil Walikota Achmad Ru’yat  mengatakan, alat dan mesin Pertanian (Alsintan) terutama traktor roda dua memiliki perananan penting dalam mempercepat proses pengolahan tanah dengan mutu hasil pengolahan yang lebih baik sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan pertanaman diberbagai ekologi lahan.

Selain itu, kata Ru’yat, melalui pemanfaatan alsintan akan mendukung upaya pemecahan masalah kelangkaan tenaga kerja disektor pertanian yang sekarang banyak terjadi diberbagai daerah. Selain itu, kata Ru;yat,  dengan penggunaan traktor akan meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian guna mendukung program peningkatan surplus beras 10 juta ton pada thaun 2014.

Disamping itu, untuk membantu  para petani  dalam mengolah tanah, dan merupakan insentif bagi petani yang sudah mempertahankan lahannya tidak di alih fungsikan dalam upaya merealisasikan UU No. 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Ru’yat menambahkan, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui bantuan Gubernur Jabar sudah menyalurkan 1.015 unit traktor kepada sejumlah Gabungan Kelompok Tani ( Gapoktan) dan Kelompok Tani se-Jawa Barat. (met)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk