Beranda >

Berita > Penerimaan ZIS di Kota Bogor Tahun ini Meningkat 5,88 Persen


08 Agustus 2013

Penerimaan ZIS di Kota Bogor Tahun ini Meningkat 5,88 Persen

Penerimaan zakat, infak dan shodakoh (ZIS) melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor, mengalami peningkatan sebesar 5,88 persen dari tahun sebelumnya. Total penerimaan zakat, infak dan sodakoh tahun ini terkumpul sebesar Rp 12,26 miliar sedangkan tahun lalu terkumpul sebesar Rp 11,58 miliar. Dede menyebutkan,  BAZ Kota Bogor menerima dan menyalurkan ZIS melalui BAZ Kota Bogor dan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kecamatan yang tersebar di enam wilayah.

Dijelaskan,  untuk penerimaan ZIS yang diterima BAZ Kota Bogor tahun 2013 ini sebesar Rp9,11 miliar yang berasal dari zakat fitrah sebanyak Rp1,95 miliar, zakat maal Rp3,5 miliar dan infak sodakoh sebesar Rp4,9 miliar.

Sementara itu, untuk penerimaan ZIS di setiap kecamatan di Kota Bogor, tahun 2013 ini terkumpul sebesar Rp3,15 miliar yang berasal dari zakat maal Rp14,9 juta, zakat fitrah Rp3,08 miliar dan infak Rp51 juta. Untuk penerimaan zakat melalui kecamatan tahun ini mengalami penurunan bila dibandingkan tahun 2012 lalu sebesar Rp4,45 miliar atau sebesar -29,24 persen.

Dede menyebutkan, ketentuan membayar zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim untuk membersihkan diri serta hartanya agar menjadi keberkahan.

Lebih lanjut Dede menjelaskan, penghimpunan zakat, infak dan sokdakoh ditetapkan dalam peraturan nomo 28 tahun 2011 yang menyebutkan ketentuan membayar zakat harus dilakukan di lembaga amil zakat.  Dana zakat yang dikumpulkan oleh BAZ Kota Bogor disalurkan ke para penerima zakat (mustahiq) yang memenuhi delapan asnaf. Dede menambahkan, zakat, infak yang terkumpul di BAZ Kota Bogor mencerminkan masyarakat yang sadar akan kewajibannya.  

Menurut Dede, zakat yang disalurkan dapat menjadi pembersih jiwa dari sifat bakhir menjadi dermawan dan menjadikan harta kita tumbuh berkembang dan barokah. Sementara itu, Walikota Bogor, Diani Budiato menyampaikan apresiasi atas peningkatan penerimaan zakat di masyarakatnya.

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk