Beranda >

Berita > Tim Satgas Pangan Awasi Harga Kebutuhan Pokok


23 Mei 2018

Tim Satgas Pangan Awasi Harga Kebutuhan Pokok

Guna mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok terutama pada bulan ramadhan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor sudah melakukan berbagai upaya. Salah satunya bersama tim satgas pangan Kota Bogor dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) menjelang ramadhan.

Hal itu diungkapkan Kepala Disperindag Kota Bogor Achsin Prasetyo usai menjadi narasumber acara talk show di salah satu televisi lokal Bogor di pelataran Pasar Bogor, Rabu (23/05/2018).

Achsin menyebutkan, tim satgas pangan tersebut terdiri dari Dinas Perindustrian dan perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan dengan leading sektor Polresta Bogor Kota. Dalam sidak tersebut dipimpin langsung Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman dan unsur Muspida.

Selain itu, pihaknya juga secara rutin setiap hari melakukan pemantauan harga di pasar-pasar yang hasilnya dilaporkan langsung ke Provinsi Jawa Barat maupun Kementerian Perdagangan. Sedangkan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu Disperindag bekerjasama dengan aparatur di wilayah akan melakukan operasi pasar murah (OPM).

“Tahun ini kami menganggarkan 10 ribu paket murah yang diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu,” jelas Achsin.

Dia menambahkan, diluar dari itu banyak juga organisasi massa dan lembaga yang menyelenggarakan bazar murah ramadhan. Dalam hal ini pihaknya membantu panitia atau penyelenggara berkoordinasi dengan Bulog maupun pihak distributor.

Kegiatan lainnya yang dilakukan Disperindag yakni berkoordinasi dengan OPD terkait mengenai stabilitas harga, pasokan, dan penggunaan bahan kimia tambahan berbahaya. Bahkan untuk bahan kimia berbahaya ini pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan sidak ke lapangan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat. (Tria/Met-SZ)