Beranda >

Berita > Kadinkes : Korban Diduga Keracunan Tutut Berangsur Membaik


28 Mei 2018

Kadinkes : Korban Diduga Keracunan Tutut Berangsur Membaik

Berdasarkan hasil diagnosa beberapa orang yang menjadi korban keracunan yang menimpa puluhan warga di Kampung Sawah RT 1, RT 5/RW 7 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Jumat (25/05/2018), diduga disebabkan olahan keong sawah (tutut) yang dimakan saat berbuka puasa.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Rubaeah, Senin (28/05/2018), menyikapi peristiwa yang akhirnya ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) hingga menyebabkan total sebanyak 88 warga harus dilarikan ke sejumlah Puskesmas dan rumah sakit.

"Gejala awalnya mual dan pusing. Baru diketahui menelan banyak korban pada Sabtu (26/05), setelah ada hasil diagnosa beberapa warga yang dirawat maupun diperiksa di rumah sakit," kata Rubaeah.

Menurutnya, para korban keracunan dirawat tersebar di beberapa rumah sakit dan Puskesmas Kota Bogor. Selain itu, jelasnya, para korban juga menjalani perawatan di rumah (homecare) oleh bidan atau petugas medis dari warga setempat. Sementara yang lainnya berobat jalan.

"Situasi terakhir dari lapangan Alhamdulillah beberapa warga yang diduga keracunan sudah mulai membaik kondisinya. Pemeriksaan sampel tutut dan rectal swab sedang proses analisa di Labkesda Kota Bogor. Pembiayaan perawatan korban dibebankan pada Jamkesda Kota Bogor," ujarnya. (Dn-SZ)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk