Beranda >

Berita > E-KTP Distribuskan di Kelurahan


03 Juli 2018

E-KTP Distribuskan di Kelurahan

Menyikapi membludaknya antrean warga yang akan mengurus berbagai dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku telah mengkoordinasikan dan menginstruksikan sejumlah langkah cepat untuk mengatasi persoalan tersebut.

Seperti dikatakannya usai memimpin briefing staf di Paseban Sri Bima, Balaikota, Selasa (03/07/2018), bahwa langkah pertama adalah dengan meminta agar pelayanan yang selama ini dipusatkan di Disdukcapil Kota Bogor supaya didistribusikan dan dikoordinasikan di tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Jadi warga pun bisa menanyakan terlebih dulu statusnya di kecamatan, dan mereka akan mendapatkan informasinya di sana. Jika memang sudah siap untuk dicetak, nantinya akan diurus pihak kecamatan untuk bisa diambilnya kapan di kelurahan," kata Bima.

Tidak hanya itu, Wali Kota juga menyampaikan, bahwa akan diinformasikan pula mengenai kuota pelayanan per kecamatan. Upaya itu sebagai langkah antisipasi. Kalau pun ada warga yang ingin datang ke kecamatan, dipersilahkan. Namun yang jelas, ujarnya, langkah-langkah itu untuk mengurangi jumlah antrean warga di Kantor Disdukcapil Kota Bogor.

"Saya meminta juga supaya ditambah jumlah petugasnya baik di kecamatan maupun Disdukcapil untuk melayani warga. Sehingga mereka tidak perlu lagi untuk antre," ucapnya.

Namun yang jelas, masih kata Bima, dirinya sangat sedih melihat antrian warga yang sudah terlihat sejak malam hari. Bahkan ada diantaranya yang mengantre merupakan ibu-ibu yang turut serta membawa anak-anaknya dan sejumlah lansia. Menumpuknya warga itu, menurutnya, lantaran warga terdesak beragam kebutuhan mendesak yang membutuhkan dokumen administrasi kependudukan khususnya E-KTP.

"Saya minta Kadis (Dukcapil) untuk betul-betul memperhatikan dan mencari formulasi untuk perbaikan pelayanannya. Seperti tadi banyaknya saran dari warga meminta supaya pencetakan KTP ini bisa dilakukan lagi di kecamatan-kecamatan," paparnya seraya mengatakan supaya Bagian Humas Setda Kota Bogor untuk dapat menyampaikan informasi mengenai pelayanan di Disdukcapil ini dengan jelas. (Dn/Foto:Hari-SZ)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk