Beranda >

Berita > Korem 061/Suryakancana Gelar Buka Puasa Bersama


01 Juni 2018

Korem 061/Suryakancana Gelar Buka Puasa Bersama

Dalam rangka memperkuat silaturahmi antar pemeluk agama dalam menumbuhkan rasa kasih sayang, persaudaraan dan saling percaya terhadap sesama umat beragama, Korem 061/SK menggelar acara buka bersama (bukber) di Makorem, Jalan Merdeka Nomor 64, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (31/05/2018).

Acara tersebut diikuti sejumlah unsur seperti para tokoh dan kalangan dari berbagai agama baik serta unsur Muspida yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor, termasuk Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman.

Dalam sambutannya, Danrem 061/SK Kolonel Inf. Muhamad Hasan mengajak seluruh lapisan masyarakat Bogor agar bisa menjadikan momentum bukber ini untuk lebih mempererat serta menjaga tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini. Tidak hanya bagi persaudaraan umat Islam (ukhuwah islamiyah), tapi juga bagi persaudaraan bangsa (ukhuwah wathaniyah), dan persaudaraan umat manusia (ukhuwah basyariyah).

Danrem juga juga menyampaikan, ibadah puasa di bulan suci Ramadhan merupakan dimensi pokok dalam melatih serta membentuk pribadi seseorang untuk bersikap jujur, disiplin, patuh dan taat, dermawan serta peduli terhadap sesama terlebih pada anak-anak yatim.

"Dengan semangat dan hikmah bulan suci Ramadhan ini kita perkuat Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah dalam Kesatuan dan Kebhinekaan Bangsa Indonesia," ujarnya.

Kegiatan itu juga, jelas Danrem, merupakan upaya menyatukan jiwa dan kekuatan umat beragama. Karena, pada dasarnya persatuan yang kokoh dibangun diatas ta’liful qulub (bersatunya hati/jiwa). Dimana bersatunya hati/jiwa dibangun oleh interaksi jiwa-jiwa yang bersih dan suci, jiwa yang tak bermotif, jiwa yang menghamba, jiwa yang taat dan jiwa yang mengharap keridhoan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa semata.

"Saya juga berharap dengan adanya kegiatan buka puasa bersama ini dapat lebih meningkatkan dan mempererat persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan sebagai bangsa Indonesia," tambah Plt Wali Kota Bogor, Usmar Hariman di tempat yang sama.

Rangkaian kegiatan buka puasa itu diisi dengan tausiyah yang disampaikan Ketua MUI Kota Bogor KH. Totok Mustofa yang dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada seratus anak yatim. (Dn/Foto:Hari-SZ)