Beranda >

Berita > Festival Marawis HJB 536, 20 Grup Marawis Unjuk Gigi


01 Juni 2018

Festival Marawis HJB 536, 20 Grup Marawis Unjuk Gigi

Sebanyak 20 grup marawis meramaikan Festival Marawis Antar Kelurahan se-Kota Bogor. Festival marawis antar kelurahan tersebut merupakan agenda rutin yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) Ke-536 Tahun 2018.

Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman didampingi Kepala Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi membuka kegiatan tersebut di lobby depan Bogor Trade Mall (BTM), jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Jumat (01/06/2018).

Dihadapan warga yang hadir Usmar menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesenian dalam menyebarkan syiar Islam disamping itu bisa menjadi pilihan bagi warga Kota Bogor untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

Kedepan kata dia, ia akan menyampaikan himbauan kepada seluruh kelurahan agar mengirimkan perwakilannya, minimal setiap kelurahan bisa mengirimkan grup marawis sebagai peserta festival.

Disamping itu Usmar yang juga menjabat Ketua Dewan Kesenian Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) berencana merumuskan peraturan Wali Kota (Perwali) berkaitan dengan pemberdayaan semua potensi budaya dan kesenian di Kota Bogor.

“Semua kegiatan pertemuan di Kota Bogor diwajibkan menampilkan unsur kesenian dan kebudayaan khas Kota Bogor,” terangnya.

Diharapkan sanggar-sanggar kesenian tradisional maupun tim marawis dapat berkembang dan mendapatkan penghasilan. Selain untuk menjaga eksistensi sanggar-sanggar yang ada di Kota Bogor, hal ini ditujukan untuk menjaga kelestarian kebudayaan dan kesenian khas Kota Bogor.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi yang juga Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini adalah kegiatan ketiga yang dilaksanakan selama ramadhan dalam rangka memeriahkan HJB 536.

“Ini merupakan program pengembangan budaya yang ketiga kalinya dilaksanakan bekerja sama dengan BTM. Respon positif ditunjukkan pihak kelurahan yang mengirimkan perwakilannya, walaupun belum semua kelurahan mengirimkan perwakilannya,” kata Shahlan.

Kedepan ia berharap agar seluruh aparatur kelurahan di wilayah dapat memberikan perhatian dan pembinaan bagi grup-grup marawis di wilayahnya sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kemampuan grup marawis.

Festival marawis dalam rangka HJB Ke-536 Tahun 2018 berlangsung selama dua hari yakni 1 dan 2 Juni 2018 dengan hadiah bagi juara pertama akan mendapat hadiah sebesar Rp.10 juta ditambah tropi dan piagam, sedangkan untuk juara kedua hadiahnya sebesar Rp. 7,5 juta. (humas:rabas/Ismet-SZ)