Beranda >

Berita > Lomba Gerai UP2K PKK Kota Bogor, Wujudkan Kemandirian Keluarga


27 Mei 2023

Lomba Gerai UP2K PKK Kota Bogor, Wujudkan Kemandirian Keluarga

Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian didampingi Wakil Ketua Pokja I TP PKK, Yantie Rachim dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah meninjau gerai dari kecamatan di Kota Bogor yang menampilkan produk-produk unggulan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kota Bogor.

Selain meninjau, ketiganya antusias mencicipi da  membeli produk-produk yang ditampilkan.Produk-produk unggulan yang ditampilkan merupakan bagian dari Lomba Gerai UP2K PKK Tingkat Kota Bogor Tahun 2023 yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A)  Kota Bogor yang dibuka secara resmi Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah di Plaza Balai Kota Bogor, Jumat (26/5/2023).

Dalam sambutan Syarifah mengungkapkan, kolaborasi TP PKK dan DP3A Kota Bogor dalam melaksanakan lomba gerai UP2K sungguh luar biasa.

Lomba tersebut bertujuan untuk membantu dan meningkatkan perekonomian keluarga sehingga terwujud  kemandirian keluarga dan bisa menurunkan angka kemiskinan.

"Jika masyarakat memiliki produktivitas tinggi dalam menghasilkan sebuah produk dan menjadi sebuah budaya, maka setidaknya akan membantu perekonomian keluarga, meningkatkan kemandirian keluarga dan bisa menurunkan angka kemiskinan," kata Sekda.

Syarifah berharap agar para ibu di rumah mampu produktif, berdaya dan berkarya untuk membantu ekonomi keluarga, memiliki kemandirian sehingga angka ketergantungan akan menurun karena tidak hanya pada satu orang yakni bapak atau suami yang mencari nafkah. Kemudian pada akhirnya keluarga akan lebih sejahtera dan ekonominya akan tumbuh lebih mandiri.

Sehingga kata dia, dengan memiliki kreativitas dalam meningkatkan ekonomi keluarga akan luar biasa dan akan membantu dalam mewujudkan visi Kota Bogor sebagai kota ramah keluarga.

Selain itu melalui lomba gerai akan menjadi media dan membuka peluang bagi produk unggulan di wilayah untuk memperluas pemasaran dan jangkauan, tidak sekedar di internal wilayah, tetapi lebih luas lagi, baik secara online maupun offline.  

Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian mengungkapkan rasa bangga karena berkat kolaborasi semua pihak bisa menampilkan lomba gerai UP2K untuk memperlihatkan kepada semua bahwa tim TP PKK Kota Bogor konsisten dalam menggerakkan ekonomi keluarga di Kota Bogor.

"Apresiasi saya untuk kolaborasi dan kerja keras TP PKK dan DP3A Kota Bogor serta dukungan para pihak sponsor. Bagi pemenang lomba ini nilainya lumayan besar," ungkap Yane.

Yane berharap kegiatan lomba gerai rutin dilaksanakan sehingga mampu membantu dan mendukung konsistensi dalam membina serta mewujudkan ketahanan keluarga yang salah satunya ketahanan ekonomi keluarga.

Berbagai dukungan dari pemerintah dan semua pihak bagi pelaku UP2K ungkap Yane sangat diharapkan agar bisa terus produktif dan mampu mempromosikan produk-produk unggulan yang menjadi kebanggaan.

"Pembinaan secara kolaborasi semua pihak bagi produk UP2K tentunya menjadi hal yang diperlukan. TP PKK Kota Bogor melalui koperasi PKK akan membantu serta membina dalam pengelolaan ekonomi dan pendapatannya," kata Yane.

Sebelumnya, Kepala DP3A Kota Bogor, Dody Ahdiat menyampaikan, ekonomi merupakan salah satu dimensi dalam tolak ukur pengukuran indeks kualitas keluarga.

"Kegiatan ini bisa terlaksana berkat kolaborasi dengan TP PKK dan berbagai pihak. Dimaksudkan untuk mendorong pelaku usaha UP2K untuk terus berkarya, produktif dan inovatif, memperluas jangkaun pemasaran sehingga harapan menjadi sumber pendapatan ekonomi bagi keluarga. Tujuannya memperkenalkan produk, jangkauan pemasaran dan membangun kebersamaan bagi para pelaku usaha yang merupakan peserta UP2K se-Kota Bogor," kata Dody.

Untuk mendukung transaksi dalam lomba gerai UP2K PKK Kota Bogor, berkolaborasi dengan pihak Gojek sebagai salah satu pihak pendukung.

Dalam lomba tersebut, setiap kecamatan menampilkan tema budaya berbeda-beda, Kecamatan Bogor Utara memilih Provinsi Jawa Barat, Bogor Selatan memilih Bali, Bogor Timur bertemakan Jawa Tengah.

Kecamatan Bogor Barat bertema Sulawesi, Tanah Sareal memilih Betawi dan terakhir Bogor Tengah menampilkan Sumatera Utara.(Prokompim).