Beranda >

Berita > Pemkot Bogor Manjakan Pedagang di Lokasi Relokasi Pasar Sukasari


21 November 2018

Pemkot Bogor Manjakan Pedagang di Lokasi Relokasi Pasar Sukasari

Pemkot Bogor terus memberikan solusi terbaik agar jual beli para pedagang dan konsumen di Pasar Sukasari berjalan dengan nyaman. Aspirasi para pedagang terus ditampung, bahkan beberapa langsung direalisasikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM serta PD Pasar Pakuan Jaya.

Ya, mulai Senin (19/11/2018) Pemkot Bogor mulai merelokasi aktivitas perdagangan yang biasa dilakukan di sepanjang Jalan Suryakencana pada malam hari. Sebagai gantinya, pedagang sayur mayur, dan jenis kebutuhan pokok lainnya diberikan tempat di Pasar Sukasari atau di lahan eks Pasar Gembrong.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bogor, Anas Rasmana mengatakan, para pedagang malam telah sepakat menempati lokasi yang telah disediakan pemerintah di eks Pasar Gembrong, Sukasari.

Sejumlah fasilitas penunjang terus diperhatikan, mulai dari instalasi listrik, toilet dan mushola. “Jadi, intinya Pemkot dan para pedagang dalam seminggu ini mencari solusi terbaik untuk para pedagang. Listrik sudah ada. Sambil ditempati sambil di evaluasi, misalnya seperti permintaan toilet dan mushola. Kami janji satu minggu ke depan akan merealisasikan itu. Untuk sementara bisa memakai toilet dan mushola yang ada di dalam gedung PD Pasar,” ungkap Annas.

Ia menambahkan, kesepakatan dengan para pedagang juga tak hanya sebatas usulan pembangunan mushola dan toilet tetapi teknis pembangunan tenda-tenda untuk mengantisipasi aktivitas di kala hujan dan pengelolaan limbah sampah.

“Semoga dalam satu dua hari ini para pedagang sudah bisa berjualan semua. Kami berharap masyarakat yang biasanya berbelanja di Suryakencana, bisa langsung ke Sukasari,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Operasional (Dirops) PD Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Syuhaeri mengatakan, jika untuk pedagang malam disediakan lokasi relokasi di Pasar Sukasari, sedangkan pedagang kuliner siang dilakukan relokasi ke lantai dasar gedung Plaza Bogor sehingga lebih nyaman dan tidak khawatir cuaca.

Ia menambahkan, menurut data dari Dinas Koperasi dan UMKM ada sebanyak 144 pedagang siang yang berjualan di Jalan Suryakencana. “Dan alhamdulillah kita sudah siapkan tempat untuk para pedagang siang agar tetap bisa berjualan. Lokasinya di lantai dasar Plaza Bogor,” kata Syuhaeri.

Selain tempat, upaya untuk meramaikan pembeli di lokasi yang baru pun turut dilakukan. Salah satunya dengan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, baik berupa spanduk besar, pamflet, baliho maupun memberitahukan secara lisan kepada para konsumen tetap mereka,” katanya. (Humpro : Alif/Indra/Arvan/Adit/Hari/Pri)