Beranda >

Berita > Diskarpus Kota Bogor Stock Opname Koleksi Buku


24 Januari 2019

Diskarpus Kota Bogor Stock Opname Koleksi Buku

Dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pemustaka, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Bogor melakukan stock opname (pemeriksaan fisik) buku-buku. Kegiatan ini dimulai sejak 14 Januari dan diperkirakan selesai 4 Februari 2019.

Pustakawan Madya Diskarpus Kota Bogor, Siti Juniarsih menuturkan, stock opname tahun 2019 merupakan stock opname yang dilakukan secara besar-besaran. Jika tahun-tahun sebelumnya hanya mengambil koleksi buku yang 10 tahun tidak ada yang meminjam untuk tahun ini fokus pada stok opname keefisienan tempat demi kenyamanan pemustaka.

Juniarsih menjelaskan, dalam pengelolaan perpustakaan stock opname rutin dilakukan minimal satu tahun sekali. Dengan stock opname diharapkan pemustaka merasa nyaman pada saat mencari dan membutuhkan informasi koleksi buku.

“Jadi kita ingin memberi ruang yang cukup bagi pemustaka dan memberikan kenyamanan,” kata Juniarsih disela kesibukannya memilah dan memilih buku di Perpustakaan Kota Bogor, jalan Pemuda, Rabu (23/01/2019).

Dia menyebutkan, kegiatan stock opname tahun ini membutuhkan waktu sekitar tiga minggu. Waktu itu digunakan untuk memilah buku yang jumlah eksemplarnya terlalu banyak dan memisahkan buku-buku yang betul-betul sudah menjadi banyak pilihan pembaca.

“Kita sudah melakukan pemilahan buku sekitar 8 hari ini dengan melibatkan semua pegawai, mulai dari Kabid sampai staf serta dibantu siswa-siswi SMK yang sedang magang,” katanya.

Selama proses stock opname perpustakaan tetap buka, namun hanya melayani untuk pengembalian buku. Jadi bagi pemustaka yang ingin meminjam buku untuk sementara belum bisa dilayani.

“Tetapi bagi yang ingin mengembalikan buku perpustakaan tetap akan dilayani,” tuturnya. (Humpro:Tria-SZ)