Beranda >

Berita > Peran dan Fungsi Pers Harus Dijaga Demi Kepentingan Masyarakat


15 Februari 2019

Peran dan Fungsi Pers Harus Dijaga Demi Kepentingan Masyarakat

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengajak wartawan yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kota Bogor untuk berperan aktif dalam berjuang sesuai fungsinya guna memenangkan kepentingan khalayak.

Hal itu diungkapkan Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Endang Suherman saat membacakan sambutan yang mewakili Bima Arya pada malam silaturahmi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Grand Parahyangan, Cimahpar, Jumat (15/02/2019) malam.

“Siapapun yang bergerak dan berjuang dalam dunia pers, patut senantiasa menyadari bahwasanya dirinya adalah orang-orang yang harus berjuang untuk memenangkan kepentingan bersama, kepentingan bangsa dan negara. Bukan kepentingan kelompok atau golongan. Apalagi kepentingan pribadi,” ujarnya.

Mengingat hal tersebut, sambung Endang, maka siapapun yang bergelut dalam dunia pers, harus senantiasa menjadikan dirinya sebagai orang-orang yang memiliki semangat untuk terus meningkatkan kapasitas diri masing-masing.

“Marilah rekan-rekan semua untuk lebih meningkatkan diri melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan profesionalisme. Sehingga dirinya adalah bagian dari sumberdaya manusia yang berkualitas,” katanya.

Jadi, masih dikatakan Endang, mari sama-sama menjaga dan memelihara keluhuran dan keagungan misi pers nasional dalam melaksanakan peran dan fungsinya. “Marilah kita jaga agar peran dan fungsi pers bisa berjalan di jalan yang benar, sehingga bisa menghasilkan bagi kemaslahatan kehidupan masyarakat. Karena sejatinya, tidak layak apabila peran dan fungsi Pers, dimanfaatkan sekedar untuk menjadi lahan dan sumber penghidupan semata-mata”, tegasnya.

Hari Pers diperingati antara lain dengan tujuan tetap memelihara ingatan setiap orang di negeri ini, bahwa pers nasional adalah salah satu komponen kekuatan dari bangsa ini yang senantiasa berjuang untuk ikut memajukan kehidupan bangsa kearah yang Iebih sejahtera, adil dan makmur.

Sementara itu, Ketua Pokja Wartawan Kota Bogor, Ahyar Matondang menjelaskan sebelumnya dalam peringatan HPN 2019, Pokja Wartawan Kota Bogor telah melaksanakan kegiatan diskusi pertemuan anggora dan pertandingan olahraga Futsal Exhibition antara Tim Futsal Pokjawan melawan Tim Futsal Humpro Pemkot Bogor.

"Sebagai acara puncak peringatan HPN 2019, Pokja Wartawan Kota Bogor menggelar malam silaturahmi bersama unsur Muspida, Muspika dan masyarakat umum Kota Bogor," katanya.

Tujuan kegiatan ini, kata Ahyar ialah untuk meningkatkan kebersamaan sesama anggota Pokja Wartawan dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan masyarakat pada umumnya. (Humpro :Alif/Hari-SZ)