Beranda >

Berita > Berlaga di Tingkat Nasional, SMPN 5 Kota Bogor Dibina Tim UKS Jabar


20 Mei 2019

Berlaga di Tingkat Nasional, SMPN 5 Kota Bogor Dibina Tim UKS Jabar

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Kota Bogor mewakili Jawa Barat dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat nasional. Untuk itu, Pemkot Bogor terus berupaya melakukan pembinaan Teknis UKS dan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).

Sedikitnya, 25 sekolah perwakilan dari TK, SD hingga SMP pun diundang ke Balai Kota Bogor untuk mengikuti kegiatan pembinaan tersebut, Senin (20/5/2019).

“Ini program Provinsi Jawa Barat yang difasilitasi Pemkot Bogor. Kebetulan SMPN 5 Bogor sedang persiapan ke Tingkat Nasional dan ada tanggung jawab provinsi untuk ikut membina. Karena provinsi targetnya SMPN 5 jadi juara satu,” ujar Kasubag Bina Kemas Bagian Kemasyarakatan Setdakot Kota Bogor, Lia Siti Nurhaliza.

Lia menambahkan, UKS ini lingkupnya sangat luas tidak hanya dari segi kesehatan saja tetapi juga lingkungan sekolah, pendidikan kesehatan dan PKPR. Karena lomba UKS ini berkaitan dengan sikap dan budi pekerti yang berdasarkan kebiasaan hingga mereka terbiasa hidup sehat, sehingga pembinaan pun dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Juri akan menilai setelah lebaran. Sekarang semua OPD membantu SMPN 5 sehingga sehingga ada sinergi dan kolaborasi. Harapannya, mudah-mudahan pembinaan UKS ini bukan hanya untuk lomba saja tapi semua anak-anak dan sekolahnya bisa sehat agar semua berprestasi,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, tim UKS Provinsi Jawa Barat hadir di Kota Bogor dalam rangka evaluasi dan pencerahan untuk UKS di Kota Bogor khususnya untuk SMPN 5 Kota Bogor yang akan bertanding di tingkat nasional.

“Ada dimensi lain lewat kegiatan ini yakni mempercepat Bogor Kota Sehat sekaligus menjadi tujuan wisata karena sekolah yang menang menjadi tempat belajar kota lainnya. Kami sangat ingin SMPN 5 jadi juara makanya Pemerintah Kota Bogor sangat mendukung,” pungkasnya. (Humpro :fla/ismet/pri)