Beranda >

Berita > Rakor Komda Lansia, Upaya Pemerintah Tangani Lansia


28 Agustus 2019

Rakor Komda Lansia, Upaya Pemerintah Tangani Lansia

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar Rapat Koordinasi Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia). Kegiatan secara resmi dibuka Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Rabu (28/08/2019).

Dedie menuturkan, dari paparan yang disampaikan perwakilan (Kementerian Sosial) Kemensos dan Bappeda Provinsi Jawa Barat, dirinya mendapat gambaran tentang tugas-tugasnya sebagai Ketua Komda Lansia Kota Bogor.

Selain akan mencoba memikirkan permasalahan program lansia, Dedie juga akan menyelaraskan kebijakan Kemensos dan Bappeda Jawa Barat agar Kota Bogor bisa melakukan langkah-langkah untuk program lansia ini.

Dedie mengatakan, Kota Bogor memperhatikan hal tersebut. Sebab, lansia bagian dari keluarga. Dari Visi Kota Bogor saja sudah pasti ini terkait dengan lansia, yakni menjadikan kota yang ramah keluarga. "Jadi sarana dan prasarananya juga harus dipikirkan," katanya.

Ia memiliki keinginan dalam 5 tahun kedepan ada 20.000 rumah yang bisa diperbaiki, bahkan jika bisa 30.000 rumah yang layak untuk dihuni. Tetapi persoalannya tidak hanya itu, tingkat kemiskinan di Kota Bogor 5,9% dari 1,1 juta penduduk. Artinya ada 80.000 lansia dimana 70.000-nya dibawah garis kemiskinan.

"Kita akan sama-sama berpikir akan diapakan ini persoalan. Jadi kita harus membuat ide, jangan hanya membuat program diatas kertas saja, tetapi juga dimatangkan idenya. Kemudian kita juga harus memberikan akses prioritas kepada lansia agar lansia dapat melakukan aktifitas dengan baik," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Bogor, Erna Hernawati mengatakan, tujuan rakor Komda Lansia adalah untuk pemahaman dan pemrograman mengenai penanganan lansia di Kota Bogor.

Menurutnya lansia di Kota Bogor cukup bagus karena banyak yang produktif, tetapi banyak juga yang di bawah prasejahtera. Artinya perlu penanggulangan.

"Hampir rata-rata 80 % lansia yang ada di Kota Bogor itu masuk kedalam prasejahtera, sehingga perlu intervensi kita dalam program-program di seluruh OPD. Jadi hari ini kita fokus pada pemahaman dulu. Pemahaman bahwa lansia itu perlu kita sejahterahkan, kan judulnya kota ramah keluarga, berarti harus ramah juga kepada lansia," kata Erna.

Pada rakor kali ini Komda Lansia Kota Bogor mengundang narasumber Kasubdit Identifikasi dan Rencana Intervensi Kemensos RI dan Sekretariat Komisi Daerah Lanjut Usia Provinsi Jawa Barat. (Humpro :Tria/Tedy/Ryan/Sopi-Aulia PKL-SZ)