Beranda >

Berita > Ini Makna Logo, Maskot dan Mars Jamcab VI Kota Bogor


21 September 2019

Ini Makna Logo, Maskot dan Mars Jamcab VI Kota Bogor

2-5 Oktober 2019 nanti, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bogor akan melaksanakan Jambore Cabang (Jamcab) yang akan diikuti para anggota gerakan pramuka penggalang dari 6 kwartir ranting (kwaran) di Kota Bogor. Jelang pelaksanaannya, Kwarcab Kota Bogor secara resmi meluncurkan logo, maskot dan mars Jamcab ke-6 ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor sekaligus Ketua Kwarcab Kota Bogor, secara langsung memimpin peluncuran logo yang berlokasi di SMKN 1 Kota Bogor, Sabtu (21/09/2019).

“Semoga logo, maskot dan lagu mars yang diciptakan menjadi motivasi, inspirasi dan kebanggan bagi semua unsur Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor,” kata Ade Sarip Hidayat.

Logo Jamcab Ke-VI Kota Bogor 2019 dibuat Abuzar Gafirli Ramadhan dan M.Arief Rohman, anggota Pramuka Penegak dari MAN 2 Kota Bogor. Tampak dalam logo, gambar ikon-ikon Kota Bogor mendominasi, mulai kepala uncal, daun talas, tugu kujang hingga Tepas Salapan Lawang.

Lambang Gerakan Pramuka nasional maupun internasional, turut menghiasi. Untuk warna dipilih putih yang melambangkan keterbukaan, mental pendidikan dan pembangunan, memberikan dukungan dan keyakinan akan pentingnya hasil pendidikan dan pembangunan. Sedangkan warna merah melambangkan pramuka penggalang dan keberanian bersikap serta bertindak.

Untuk maskot, dipilih uncal (rusa tutul), hewan penghuni Istana Bogor dan menjadi salah satu ikon Kota Bogor. UNBO yang merupakan akronim Uncal Bogor, nama yang dipilih Lina dan Yudi, Andalan Bina Muda Kwarcab Kota Bogor, sebagai pencipta maskot.

Saat peluncuran Ade sarip Hidayat dan jajaran Kwarcab Kota Bogor serta para anggota pramuka, sempat berfoto bersama dengan UNBO.

Terakhir lagu mars Jamcab Ke-VI Kota Bogor Tahun 2019 yang berjudul Bogor Berlari Meraih Prestasi diciptakan Hani dan Yudi, Andalan Bina Muda Kwarcab Kota Bogor. Untuk penata musik oleh M. Hilman Sulaeman, pembina pramuka dari MAN 2 Kota Bogor. (Humpro:rabas/hari-SZ)